Rabu, 16 Agustus 2017

RPP PAI TERBARU SMK KELAS XII K. 13 REVISI 2017



SMK NEGERI 6 SEMARANG
F. KUR. 09
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah      : SMK Negeri 6 Semarang
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester     : XII (Dua Belas)/Gasal
                                        MateriPokok         : Iman Kepada Hari Akhir
Alokasi Waktu     : 3 x pertemuan (9 x 45 menit)
A.      Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti:
KI. 3.     Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

KI. 4.     Keterampilan
4.1.       Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan lingkup kajian.
4.2.       Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak, terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.
4.3.       Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, dalam ranah kongkrit terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah.

Kompetensi Dasar:
3.3.       Memahami makna iman kepada hari akhir.
4.3.       Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada hari akhir.

B.       Indikator
1.        Pengetahuan
a.      Menjelaskan  tentang  pengertian  iman  kepada  hari akhir.
b.      Menjelaskan tentang dalil naqli dan dalil aqli tentang hari akhir.
c.      Menjelaskan tentang nama-nama hari akhir.
d.     Memahami hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.
e.      Menjelaskan tentang kiamat sugra dan kubra.
f.       Memahami balasan amal baik dan buruk.
g.      Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
h.      Memahami penerapan hikmah beriman kepada hari akhir.
2.        Keterampilan
a.      Menyajikan laporan tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir.
b.      Menyajikan laporan untuk memperdalam pengetahuan tentang hari akhir dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
c.      Menyajikan laporan evaluasi diri berkaitan dengan penerapan keimanan kepada hari akhir.
C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, dan dril dan menggunakan pendekatan sainifik dan model pebelajaran discovery learning, peserta didik diharapkan mampu:
1.        Memahami nilai-nilai keimanan kepada hari akhir.
2.        Mengamalkan nilai-nilai keimanan kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
3.        Menjelaskan  tentang  pengertian  iman  kepada  hari akhir.
4.        Menjelaskan tentang dalil naqli dan dalil aqli tentang hari akhir.
5.        Menjelaskan tentang nama-nama hari akhir.
6.        Memahami hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.
7.        Menjelaskan tentang kiamat sugra dan kubra.
8.        Memahami balasan amal baik dan buruk.
9.        Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
10.    Memahami penerapan hikmah beriman kepada hari akhir.


D.      Materi Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama
a.       Pengertian Iman kepada Hari Akhir
b.      Dalil tentang Hari Akhir

2.        Pertemuan Kedua
a.       Nama-Nama Hari Akhir
b.      Hal-Hal yang Berkaitan dengan Hari Akhir
c.       Kiamat Sugra dan Kubra
d.      Balasan Amal Baik dan Buruk

3.        Pertemuan Ketiga
a.    Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
b.    Penerapan Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
c.    Ulangan Harian 1

E.       Metode Pembelajaran:
1.    Demontrasi
2.    Diskusi,
3.    Tanya jawab

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.         Power Point
b.        Soft ware Al-Qur’an

2.      Alat
a.       Laptop
b.      LCD Projector
c.       Papan tulis

3.      Sumber
a.       Gambar/ilustrasi/artikel dan lain-lain dalam buku Kreatif Pendidikan Agama lslam dan Budi Pekerti Kelas Xll Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 1
b.      Buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII
c.       Buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 1 s.d. 15
d.      Al-Qur’an
e.       Buku Tajwid

G.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama (3 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Nilai Yang Dikembangkan
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
b.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian iman kepada hari akhir dan dalil naqli tentang hari akhir.
c.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
d.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada hari akhir dan dalil tentang hari akhir.
e.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
f.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir dan memperdalam pengetahuan tentang hari akhir dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
15 menit
Taqwa, Tanggung Jawab, dan Peduli
Kegiatan Inti
a.      Stimulasi
1)  Guru membuka kesempatan secara luas dan bervariasi kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca dan melihat tentang renungan dan membaca materi mengenai perngertian iman hari akhir dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 1 s.d. 5.
2)  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang pengertian iman kepada hari akhir.

b.    Problem Statement
1)      Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai pengertian iman kepada hari akhir yang sudah diamatinya.
2)      Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3)      Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
4)      Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi yang lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber.

c.    Data Collection
1)      Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang tanda- tanda datangnya hari akhir dari berbagai sumber melalui berbagai cara.
2)      Peserta didik mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir.
3)      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari lima peserta didik untuk mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan untuk memperdalam pengetahuan tentang hari akhir dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.

d.    Verification
1)      Peserta didik melakukan kegiatan tanya jawab tentang tanda-tanda datangnya hari akhir.
2)      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil tanya jawab tentang tanda-tanda datangnya hari akhir.

e.    Generalitation
-          Peserta didik menyusun bahan paparan tentang tanda-tanda datangnya hari akhir.
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang tanda-tanda datangnya hari akhir di depan kelas.
-          Guru menilai hasil presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
105 menit
Cermat, Percaya Diri, Tanggung Jawab, dan Disiplin
Penutup
a.       Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
b.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.       Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
e.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit
Demokrasi dan Tanggung Jawab

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Nilai Yang Dikembangkan
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
b.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian iman kepada hari akhir dan dalil naqli tentang hari akhir.
c.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
d.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada hari akhir dan dalil tentang hari akhir.
e.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
f.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir dan memperdalam pengetahuan tentang hari akhir dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
15 menit
Taqwa, Tanggung Jawab, dan Peduli
Kegiatan Inti
a.      Stimulation
1)   Guru membuka kesempatan secara luas dan bervariasi kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 5 s.d. 9.
2)   Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.

b.      Problem Statement
1)        Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai nama- nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir yang sudah diamatinya.
2)        Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3)        Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
4)        Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi yang lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber.

c.       Data Collection
1)        Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir dari berbagai sumber melalui berbagai cara.
2)        Peserta didik mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.

d.      Verification
1)        Peserta didik melakukan kegiatan tanya jawab tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.
2)        Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil tanya jawab tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.

e.       Generalitation
1)        Peserta didik menyusun bahan paparan tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.
2)        Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang nama-nama hari akhir dan hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir di depan kelas.
3)        Guru menilai hasil presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
105 menit
Cermat, Percaya Diri, Tanggung Jawab, dan Disiplin
Penutup
a.        Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
b.        Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.        Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.       Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
e.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit
Demokrasi dan Tanggung Jawab

Pertemuan Ketiga
Kegiatan
Deskrisi Kegiatan
Alokasi Waktu
Nilai Yang Dikembangkan
Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
b.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian iman kepada hari akhir dan dalil naqli tentang hari akhir.
c.       Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
d.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada hari akhir dan dalil tentang hari akhir.
e.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
f.       Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir dan memperdalam pengetahuan tentang hari akhir dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
15 menit
Taqwa, Tanggung Jawab, dan Peduli
Kegiatan Inti
a.      Stimulation
1)      Guru membuka kesempatan secara luas dan bervariasi kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca dan melihat tentang renungan dan membaca materi mengenai perngertian iman hari akhir dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 9 s.d. 11.
2)      Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang pengertian iman kepada hari akhir.

b.    Problem Statement
1)      Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai pengertian iman kepada hari akhir yang sudah diamatinya.
2)      Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3)      Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
4)      Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi yang lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber.

c.    Data Collection
1)      Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang tanda- tanda datangnya hari akhir dari berbagai sumber melalui berbagai cara.
2)      Peserta didik mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan tentang cara beriman yang benar kepada hari akhir.

d.    Verification
1.      Peserta didik melakukan kegiatan individu tentang aktivitas individu yaitu mengklasifikasi amalan kebaikan yang akan dilakukan.
2.       Peserta didik merumuskan simpulan tentang mengklasifikasi amalan kebaikan yang akan dilakukan.Mengkomunikasikan

e.       Generalitation
1)      Peserta didik menyusun bahan paparan tentang aktivitas individu yaitu mengklasifikasi amalan kebaikan yang akan dilakukan.
2)      Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang aktivitas individu tentang mengklasifikasi amalan kebaikan yang akan dilakukan.
3)      Peserta didik menyusun bahan paparan tentang soal-soal uji kompetensi.
4)      Membahas soal-soal uji kompetensi.
5)      Guru menilai hasil presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
105 menit
Cermat, Percaya Diri, Tanggung Jawab, dan Disiplin
Penutup
a.    Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
b.    Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.     Guru memberi tugas rumah mengerjakan soal-soal uji kompetensi dan proyek.
15 menit
Demokrasi dan Tanggung Jawab

H.      Penilaian, Pembelajaran Remedi, dan Pengayaan
1.        Sikap Spiritual
a.         Teknik penilaian   : observasi guru
b.        Bentuk instrumen : lembar observasi sikap spiritual
c.         Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Berdoa sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran
1
2
Menerapkan nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
1
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 1)

2.      Sikap Sosial (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.         Teknik Penilaian       : Observasi Guru
b.        Bentuk Instrumen     : Lembar Observasi Sikap Sosial
c.         Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Mawas diri
1
2
Taat beribadah
2
3
Jujur
3
4
Rasa ingin tahu
4
5
Kedisiplinan
5
              *Instrumen: Terlampir (Lampiran 2)
3.      Pengetahuan (Pertemuan Ketiga)
a.       Teknik penilaian   : tes tertulis
b.      Bentuk instrumen : soal pilihan ganda dan soal uraian
a.       Kisi-kisi
No.
Lndikator
Butir lnstrumen
1.
Menjelaskan tentang pengertian iman kepada hari akhir.
1
2.
Menjelaskan tentang dalil naqli dan dalil aqli tentang hari akhir.
1
3.
Menjelaskan tentang nama-nama hari akhir.
1
4.
Menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir.
1
5.
Menjelaskan tentang kiamat sugra dan kubra.
1
6.
Menjelaskan tentang balasan amal baik dan buruk.
1
7.
Menjelaskan tentang hikmah beriman kepada hari akhir.
1
8.
Menjelaskan tentang penerapan hikmah beriman kepada hari akhir.
1
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 3)



4.      Ketrampilan
a.       Teknik penilaian   : tes praktik
b.      Bentuk instrumen : unjuk kerja
c.       Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Menerjemahkan ayat-ayat Al Quran
1
2
Diskusi
1
3
Penyusunan Laporan
1
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 3)

5.      Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
Teknik penilaian dan bentuk instrumen disesuaikan dengan pembelajaran remedi dan pengayaan yang ditetapkan oleh guru.



Mengetahui
Kepala Sekolah




Dra. Ummi Rosydiana, M.Par
NIP. 19670628 199303 2 002
Semarang, 17 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Mundakir
NIP. 19650304 199203 1 013



LAMPIRAN
Lampiran 1
Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No
Perilaku yang Diharapkan
Skor
1
Melakukan doa sebelum dan sesudah pelajaran

2
Mengamalkan nilai-nilai keimanan kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari

Jumlah Skor maksimal = 8


Nilai sikap spiritual =  x 100
Lembar Observasi Sikap Sosial
No
Perilaku yang Diharapkan
Skor
1
Bersikap mawas diri sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir

2
Selalu taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir

3
Bersikap jujur dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

4
Memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang akan diberikan

5
Menaati peraturan dalam mengikuti pembelajaran

Jumlah Skor maksimal = 20


Nilai sikap sosial =  x 100

Petunjuk Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Skor
Nilai Kualitatif
4
Sangat Baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang

Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Rentang Skor
Nilai
Nilai Kualitatif
76 – 100
A
Sangat Baik
51 – 75
B
Baik
25 – 50
C
Cukup
< 25
K
Kurang



Lampiran 2
Penilaian Pengetahuan
Lembar Penilaian Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian
No.
Lndikator
Butir Soal
1.
lndikater 1 = 2 seal
1 seal pilihan ganda
1 seal uraian
Uraian: A1
Uraian:
B1
2.
lndikater 2 = 5 seal
4 seal pilihan ganda
1 seal uraian
Pilihan ganda: A2, A3, A4, A20
Uraian:
B2
3.
lndikater 3 = 6 seal
5 seal pilihan ganda
1 seal uraian
Pilihan ganda:
A5, A6, A8, A12, A17
Uraian:
B3
4.
lndikater 4 = 1 seal
1 seal pilihan ganda
- seal uraian
Pilihan ganda: A7
Uraian:
-
5.
lndikater 5 = 4 seal
4 seal pilihan ganda
- seal uraian
Pilihan ganda:
A9, A10, A11, A16
Uraian:
-
6.
lndikater 6 = 2 seal
2 seal pilihan ganda
- seal uraian
Pilihan ganda: A14, A19
Uraian:
-
7.
lndikater 7 = 2 seal
1 seal pilihan ganda
1 seal uraian
Pilihan ganda: A13
Uraian:
B5
8.
lndikater 8 = 3 seal
2 seal pilihan ganda
1 seal uraian
Pilihan ganda: A15, A18
Uraian:
B4

Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda
Nomor Soal
Bobot Soal
1-20
5

Jumlah skor maksimal = 100
Nilai pilihan ganda      =  x 100
Petunjuk Penilaian Soal Uraian

No.

Butir Pertanyaan

Bobot
Soal
Kriteria

Skor
0
5
10
15
20
1.
Seal uraian nemer 1 Ulangan Harian 1
20






2.
Seal uraian nemer 2 Ulangan Harian 1
20






3.
Seal uraian nemer 3 Ulangan Harian 1
20






4.
Seal uraian nemer 4 Ulangan Harian 1
20






5.
Seal uraian nemer 5 Ulangan Harian 1
20






Jumlah sker maksimal
100



Nilai Uraian     =  x 100
Nilai akhir       =  x 100


Lampiran 3
Penilaian Ketrampilan
Lembar Penilaian Ketrampilan

No.

Aspek yang Dinilai

Penilaian
1
2
3
4
1.
Keterampilan menerjemahkan ayat-ayat Alquran dan kandungan ayat-ayat Alquran.




2.
Keterampilan diskusi.




3.
Keterampilan menyusun laporan.





Jumlah skor





Nilai Ketrampilan        =  x 100

Petunjuk Penilaian Ketrampilan
Skor
Nilai Kualitatif
4
Sangat Baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang

Rubrik Penilaian Ketrampilan
Rentang Skor
Nilai
Nilai Kualitatif
76 – 100
A
Sangat Baik
51 – 75
B
Baik
25 – 50
C
Cukup
< 25
K
Kurang

 untuk file lengkap dapat di unduh pada link di bawah. Tersedia RPP 1 Smester yaitu semester ganjil. klik di sini

9 komentar:

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…