KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
|
Alokasi Waktu
|
:
|
90 menit
|
Kelas/Prog
|
:
|
X/Semua Program
|
Jumlah Soal
|
:
|
50
|
Semester/Tahun
|
:
|
Gasal/Tahun 2016
|
Bentuk Soal
|
:
|
Pilihan Ganda
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Ranah Kognitif
|
Tigkat Kesukaran
|
Kunci Jwb
|
|||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Md
|
Sd
|
Sk
|
||||||
1
|
1.3.Meyakini bahwa
Allah Mahamula, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Mahasempurna Kekuatan-Nya,
Maha Penghimpun, Mahaadil, dan Mahaakhir.
2.3.Memiliki sikap
keluhuran budi; kukuh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai
implementasi pemahaman asmaul husna: Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin,
Al Jami’, Al ‘Adl, dan Al Akhir.
3.3.Menganalisis
makna asmaul husna Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jami’, Al
‘Adl, dan Al Akhir.
4.3.Menyajikan
hubungan makna-makna asmaul husna: Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin,
Al Jami’, Al ‘Adl, dan Al Akhir dengan perilaku keluhuran budi; kukuh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil.
|
Dalil naqli tentang
asmaul husna
|
Peserta didik dapat
menjelaskan isi kandungan ayat Q.S. Al A’raf ayat 180
|
1
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
D
|
Peserta didik dapat
menjelaskan isi kandungan ayat Q.S. Al Isra’ ayat 110
|
2
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
E
|
|||
Pengertian asmaul husna
|
Peserta didik dapat
menjelaskan penerapan asmaul husna dalam doa
|
3
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
E
|
||
Peserta didik dapat
menyebutka arti dari Asmaul Husna
|
4
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
A
|
|||
Memahami makna asmaul
husna
|
Peserta didik dapat
menentukan dalil dari asmaul husna Al Karim
|
5
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
B
|
||
Peserta didik dapat
mengartikan Q.S. Ali Imran ayat 9
|
6
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
E
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang kemahaadilan Allah Swt.
|
7
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
D
|
|||
2
|
1.5.Terbiasa
berpakaian sesuai syariat islam
2.4.Menunjukan
perilaku berpakaian sesuai dengan syariat islam
3.4.Menganalisis
ketentuan berpakaian sesuai syariat islam
4.4.Menyajikan
keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat islam
|
Memaham makna busana
muslim/ muslimat dan menutup aurat
|
Peserta didik dapat
menentukan hukum berpakaian secara islam
|
8
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
E
|
Peserta didik dapat
menjelaskan bolehnya berhias bagi wanita selama tidak berlebihan
|
9
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
E
|
|||
Peserta didik dapat
menyebutkan bagian-bagian yang tidak termasuk aurat wanita
|
10
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang perintah menutup aurat bagi wanita
|
11
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Peserta didik dapat
menyebutkan tujuan berpakaian secara islami
|
12
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
B
|
|||
Ayat-ayat Al Quran dan
Hadits tentang perintah berbusana muslim/ muslimat
|
Peserta didik dapat
menjelaskan berpakaian yang islami berdasarkan Al Quran
|
13
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
||
Peserta didik dapat
menyebutkan dasar/landasan yang harus ditaati dalam berpakaian islami
|
14
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
D
|
|||
3
|
1.6.Meyakini bahwa
jujur adalah ajaran pokok agama
2.5.Menunjukan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
3.5.Menganalisis
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.5.Menyajikan
kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dan keimanan
|
Memahami makna
kejujuran
|
Peserta didik dapat
menyebutkan syarat atau ciri orang yang jujur
|
15
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
E
|
Peserta didik dapat
menjelaskan gelar Al Amin Nabi Muhammad saw.
|
16
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
D
|
|||
Ayat Al Quran dan
Hadits tentang perintah berperilaku jujur
|
Peserta didik dapat
mengartikan hadits tentang kejujuran
|
17
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
A
|
||
Peserta didik dapat mengartikan
hadits tentang kebaikan
|
18
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
B
|
|||
Manfaat perilaku jujur
|
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang manfaat berperilaku jujur
|
19
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
C
|
||
Ciri-ciri perilaku
jujur dan munafik
|
Peserta dapat
menjelaskan salah satu ciri sifat orang munafik
|
20
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
C
|
||
4
|
1.8.Meyakini Al
Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
2.8.Menunjukkan
perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap
kedudukan Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
3.8.Menganalisis
kedudukan Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
4.8.Mendeskripsikan
macam-macam sumber hukum islam.
|
Memaham Al Quran,
hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam
|
Peserta didik dapat
menyimpulkan isi kandungan dari potongan surat An Nisa ayat 59
|
21
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
A
|
Pembahasan sumber hukum
islam
|
Peserta didik dapat
menyebutkan macam-macam sumber hukum islam
|
22
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
B
|
||
Pembahasan sumber hukum
islam: Al Quran
|
Peserta didik dapat
menyimpulkan setelah diberikan pengertian tentang Al Quran
|
23
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
||
Peserta didik dapat
menyebutkan isi Al Quran
|
24
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
D
|
|||
Peserta didik dapat
menyebutkan nama dari 7 surat yang panjang
|
25
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
E
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan maksud dari aqidah
|
26
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Peserta didik dapat
menentukan sifat Al Quran yaitu memiliki kebenaran yang mutlak
|
27
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Pembahasan sumber hukum
islam: Hadits
|
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang sunnah kauliah
|
28
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
||
|
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang sunnah fikliah
|
29
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
||
|
Peserta didik dapat
menyebutkan pengertian tentang hadits mutawatir
|
30
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
||
Pembahasan sumber hukum
islam: Ijtihad
|
Peserta didik dapat
menyimpulkan dari pengertian tentang maslahah marsalah
|
31
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
D
|
||
Peserta didik dapat
menyebutkan jenis ijtihad
|
32
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
D
|
|||
Pembagian hukum islam
|
Peserta didik dapat
menentukan hukum taklifi
|
33
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
B
|
||
5
|
1.10. Meyakini
kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkh
2.10.
Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan
kebenaran sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah
3.10.
Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab
keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10.
Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi
dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
|
Meneladani perjuagan
Rasulullah saw. di Makkah: Ajaran-ajaran pokok Rasulullah saw. di Makkah
|
Peserta didik dapat
menyebutkan isi pokok materi dakwah Nabi periode Makkah
|
34
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
B
|
Peserta didik dapat
menjelaskan arti kejahiliahan
|
35
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
D
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang tugas kerasulan Nabi
|
36
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Peserta didik dapat
menjelaskan isi kandungan surat Al ‘Alaq ayat 2
|
37
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
A
|
|||
Strategi dakwah
Rasulullah saw. di Makkah
|
Peserta didik dapat
menyebutkan keluarga Rasulullah saw. yang mendukung perjuangannya di Makkah
|
38
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
A
|
||
Reaksi kaum kafir
quraisy terhadap dakwah Rasulullah saw.
|
Peserta didik dapat
menyebutkan sikap masyarakat Makkah pada awal dakwah Nabi
|
39
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
C
|
||
Strategi dakwah
Rasulullah saw. di Makkah
|
Peserta didik dapat
menjelaskan isi kandungan surat Al ‘Alaq ayat 1
|
40
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
||
Peserta didik dapat
menyebutkan waktu dakwah Nabi di Makkah
|
41
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
B
|
|||
Peserta didik dapat
menyebutkan isi kandungan ayat-ayat yang diturunkan di Makkah
|
42
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
A
|
|||
Peserta didik dapat
menyebutkan ayat yang berisi perintah kepada Nabi untuk berdakwah secara
terang-terangan
|
43
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
|||
6
|
1.1.Terbiasa
membaca Al Quran dengan meyakini bahwa kotrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perinta agama
1.2.Menganalisis
Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12 serta hadits tentang kotrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
1.3.Membaca Q.S.
Al Hujarat, 49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf
1.4.Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancer
1.5.Menyajikan
hubungan antara kualitas keimanan dengan control diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan Q.S. Al
Hujarat, 49: 10 dan 12, serta hadits terkait.
|
Memahami makna
pengendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian control diri
|
44
|
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
C
|
Peserta didik dapat
menjelaskan tentang pentingnya kontrol diri
|
45
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
B
|
|||
Ayat Al Quran tentang
penendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
|
Peserta didik dapat menyebutkan
arti sebuah ayat tentang control diri
|
46
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
B
|
||
Hadits tentang
penendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
|
Peserta didik dapat
menjelaskan isi kandungan suatu hadits tentang control diri
|
47
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
B
|
||
Menerapkan perilaku mulia
|
Peserta didik dapat
menyebutkan sikap husnuzan kepada diri sendiri
|
48
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
|
E
|
||
|
Peserta didik dapat
menyebutkan arti ukhuwah
|
49
|
v
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
D
|
||
|
Peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaan pada suatu lafal
|
50
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
E
|
||
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PROSENTASI (%)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Semarang,
Ranah Kognitif Tingkat
Kesukaran Pemeriksa Yang membuat
C1 : Ingatan Md : Mudah Guru Mata
Pelajaran
C2 : Pemahaman Sd : Sedang
C3 : Penerapan Sk : Sukar
C4 : Analisa
C5 : Sintesia …………………………….. Drs. H. Mundakir
C6 : Evaluasi NIP. NIP. 19650304 199203 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar