Selasa, 11 Juli 2017

CONTOH KISI-KISI SOAL UAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMK



KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Alokasi Waktu
:
90 menit
Kelas/Prog
:
X/Semua Program
Jumlah Soal
:
50
Semester/Tahun
:
Gasal/Tahun 2016
Bentuk Soal
:
Pilihan Ganda

No
Kompetensi Dasar
Uraian Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
Ranah Kognitif
Tigkat Kesukaran
Kunci Jwb
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Md
Sd
Sk
1
1.3.Meyakini bahwa Allah Mahamula, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Mahasempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Mahaadil, dan Mahaakhir.
2.3.Memiliki sikap keluhuran budi; kukuh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman asmaul husna: Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jami’, Al ‘Adl, dan Al Akhir.
3.3.Menganalisis makna asmaul husna Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jami’, Al ‘Adl, dan Al Akhir.
4.3.Menyajikan hubungan makna-makna asmaul husna: Al Karim, Al Mu’min, Al Wakil, Al Matin, Al Jami’, Al ‘Adl, dan Al Akhir dengan perilaku keluhuran budi; kukuh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil.
Dalil naqli tentang asmaul husna
Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan ayat Q.S. Al A’raf ayat 180
1



v




v
D
Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan ayat Q.S. Al Isra’ ayat 110
2



v




v
E
Pengertian asmaul husna
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan asmaul husna dalam doa
3


v




v

E
Peserta didik dapat menyebutka arti dari Asmaul Husna
4
v





v


A
Memahami makna asmaul husna
Peserta didik dapat menentukan dalil dari asmaul husna Al Karim
5



v




v
B
Peserta didik dapat mengartikan Q.S. Ali Imran ayat 9
6



v




v
E
Peserta didik dapat menjelaskan tentang kemahaadilan Allah Swt.
7

v





v

D
2
1.5.Terbiasa berpakaian sesuai syariat islam
2.4.Menunjukan perilaku berpakaian sesuai dengan syariat islam
3.4.Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat islam
4.4.Menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat islam
Memaham makna busana muslim/ muslimat dan menutup aurat
Peserta didik dapat menentukan hukum berpakaian secara islam
8

v





v

E
Peserta didik dapat menjelaskan bolehnya berhias bagi wanita selama tidak berlebihan
9

v





v

E
Peserta didik dapat menyebutkan bagian-bagian yang tidak termasuk aurat wanita
10

v





v

A
Peserta didik dapat menjelaskan tentang perintah menutup aurat bagi wanita
11

v





v

A
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan berpakaian secara islami
12
v





v


B
Ayat-ayat Al Quran dan Hadits tentang perintah berbusana muslim/ muslimat
Peserta didik dapat menjelaskan berpakaian yang islami berdasarkan Al Quran
13

v





v

C
Peserta didik dapat menyebutkan dasar/landasan yang harus ditaati dalam berpakaian islami
14
v





v


D
3
1.6.Meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama
2.5.Menunjukan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
3.5.Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
4.5.Menyajikan kaitan antara contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari dan keimanan
Memahami makna kejujuran
Peserta didik dapat menyebutkan syarat atau ciri orang yang jujur
15

v





v

E
Peserta didik dapat menjelaskan gelar Al Amin Nabi Muhammad saw.
16
v





v


D
Ayat Al Quran dan Hadits tentang perintah berperilaku jujur
Peserta didik dapat mengartikan hadits tentang kejujuran
17



v




v
A
Peserta didik dapat mengartikan hadits tentang kebaikan
18



v




v
B
Manfaat perilaku jujur
Peserta didik dapat menjelaskan tentang manfaat berperilaku jujur
19
v





v


C
Ciri-ciri perilaku jujur dan munafik
Peserta dapat menjelaskan salah satu ciri sifat orang munafik
20
v





v


C
4
1.8.Meyakini Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
2.8.Menunjukkan perilaku ikhlas dan taat beribadah sebagai implementasi pemahaman terhadap kedudukan Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
3.8.Menganalisis kedudukan Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam.
4.8.Mendeskripsikan macam-macam sumber hukum islam.
Memaham Al Quran, hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum islam
Peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan dari potongan surat An Nisa ayat 59
21



v




v
A
Pembahasan sumber hukum islam
Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam sumber hukum islam
22
v





v


B
Pembahasan sumber hukum islam: Al Quran
Peserta didik dapat menyimpulkan setelah diberikan pengertian tentang Al Quran
23

v





v

C
Peserta didik dapat menyebutkan isi Al Quran
24
v





v


D
Peserta didik dapat menyebutkan nama dari 7 surat yang panjang
25
v





v


E
Peserta didik dapat menjelaskan maksud dari aqidah
26

v





v

A
Peserta didik dapat menentukan sifat Al Quran yaitu memiliki kebenaran yang mutlak
27

v





v

A
Pembahasan sumber hukum islam: Hadits
Peserta didik dapat menjelaskan tentang sunnah kauliah
28

v





v

B

Peserta didik dapat menjelaskan tentang sunnah fikliah
29

v





v

B

Peserta didik dapat menyebutkan pengertian tentang hadits mutawatir
30

v





v

C
Pembahasan sumber hukum islam: Ijtihad
Peserta didik dapat menyimpulkan dari pengertian tentang maslahah marsalah
31

v





v

D
Peserta didik dapat menyebutkan jenis ijtihad
32
v





v


D
Pembagian hukum islam
Peserta didik dapat menentukan hukum taklifi
33
v





v


B
5
1.10. Meyakini kebenaran dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkh
2.10.         Bersikap tangguh dan rela berkorban menegakkan kebenaran sebagai ibrah dari sejarah strategi dakwah Nabi di Makkah
3.10.         Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
4.10.         Menyajikan keterkaitan antara substansi dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah
Meneladani perjuagan Rasulullah saw. di Makkah: Ajaran-ajaran pokok Rasulullah saw. di Makkah
Peserta didik dapat menyebutkan isi pokok materi dakwah Nabi periode Makkah
34
v





v


B
Peserta didik dapat menjelaskan arti kejahiliahan
35

v





v

D
Peserta didik dapat menjelaskan tentang tugas kerasulan Nabi
36

v





v

A
Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan surat Al ‘Alaq ayat 2
37

v





v

A
Strategi dakwah Rasulullah saw. di Makkah
Peserta didik dapat menyebutkan keluarga Rasulullah saw. yang mendukung perjuangannya di Makkah
38
v





v


A
Reaksi kaum kafir quraisy terhadap dakwah Rasulullah saw.
Peserta didik dapat menyebutkan sikap masyarakat Makkah pada awal dakwah Nabi
39
v





v


C
Strategi dakwah Rasulullah saw. di Makkah
Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan surat Al ‘Alaq ayat 1
40

v





v

B
Peserta didik dapat menyebutkan waktu dakwah Nabi di Makkah
41
v





v


B
Peserta didik dapat menyebutkan isi kandungan ayat-ayat yang diturunkan di Makkah
42
v





v


A
Peserta didik dapat menyebutkan ayat yang berisi perintah kepada Nabi untuk berdakwah secara terang-terangan
43

v





v

C
6
1.1.Terbiasa membaca Al Quran dengan meyakini bahwa kotrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perinta agama
1.2.Menganalisis Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12 serta hadits tentang kotrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
1.3.Membaca Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf
1.4.Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancer
1.5.Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan control diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan Q.S. Al Hujarat, 49: 10 dan 12, serta hadits terkait.
Memahami makna pengendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian control diri
44

v





v

C
Peserta didik dapat menjelaskan tentang pentingnya kontrol diri
45


v




v

B
Ayat Al Quran tentang penendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
Peserta didik dapat menyebutkan arti sebuah ayat tentang control diri
46



v




v
B
Hadits tentang penendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan
Peserta didik dapat menjelaskan isi kandungan suatu hadits tentang control diri
47



v




v
B
Menerapkan perilaku mulia
Peserta didik dapat menyebutkan sikap husnuzan kepada diri sendiri
48


v




v

E

Peserta didik dapat menyebutkan arti ukhuwah
49
v





v


D

Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan pada suatu lafal
50



v




v
E

JUMLAH











PROSENTASI (%)













Keterangan:                                                                                                                                                                                         Semarang,
Ranah Kognitif                       Tingkat Kesukaran                                          Pemeriksa                                                                    Yang membuat
C1       : Ingatan                      Md      : Mudah                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran
C2       : Pemahaman               Sd        : Sedang
C3       : Penerapan                  Sk        : Sukar
C4       : Analisa
C5       : Sintesia                                                                                              ……………………………..                                      Drs. H. Mundakir
C6       : Evaluasi                                                                                             NIP.                                                                            NIP. 19650304 199203 1 013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…