Selasa, 07 Februari 2017

CONTOH RPP PAI KELAS XII TERBARU REVISI K-13 TAHUN 2016



Description: logo smk 6 th 2010
SMK NEGERI 6 SEMARANG
F-KUR.09
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                   : SMK Negeri 6 Semarang
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester       : XII/2
Materi Pokok          : Iman Kepada Qodo dan Qodar
Alokasi Waktu        : 9 x 45 menit

A.  Kompetensi Inti
KI. 1.     Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI. 2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI. 3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4.     Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar
1.1.  Menghayati nilai-nilai keimann kepada qodo dan qodar.
2.6.  Menunjukan sikap optimis, berikhtiar, dan tawakal sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar Allah Swt.
3.6.  Memahami makna iman kepada qodo dan qodar.
4.4.  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beiman kepada qodo dan qodar Allah Swt.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Mengidentifikasi makna beriman kepada qodo dan qodar dari berbagai tinjauan
2.    Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qodo dan qodar dari berbagai tinjauan
3.    Menganalisis hubungan antara beriman kepada qodo dan qodar dan perilaku teliti, disiplin dan waspada.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.        Memahami makna hakikat qodo dan qodar.
2.        Memahami makna beriman kepada qodo dan qodar.
3.        Menyebutkan hikmah beriman kepada qodo dan qodar.

E.  Materi Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama
a.       Memahami pengerian qodo dan qodar.
b.      Dalil – dalil tentang qodo dan qodar
c.       Kewajiban beriman kepada qodo dan qodar.
d.      Macam macam takdir.

2.        Pertemuan Kedua
a.       Makna beriman kepada qodo dan qodar.

3.        Pertemuan Ketiga
a.    Hikmah beriman kepada qodo dan qodar.
b.    Menerapkan perilaku mulia

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan saintifik, Model Discovery Based Learning, Metode Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan.

G. Kegiatan Pembelajaran
1.Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Karakter Yang Dikembangkan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar dan dalil naqli tentang qodo dan qodar.
3.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada qodo dan qodar.
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam pengetahuan tentang iman kepada qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
Religius, disiplin, dan menghargai orang lain
15 menit
Inti
 a. Stimulation
1.    Guru membuka kesempatan secara luas dan bervariasi kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca dan melihat tentang renungan dan membaca materi mengenai perngertian iman kepada qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 5 s.d. 8.
2.    Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar.
b. Problem statemen
1.      Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai pengertian iman kepada qodo dan qodar yang sudah diamatinya.
2.      Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3.      Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
4.      Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi yang lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber.
c. Data collection
1.      Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar dari berbagai sumber melalui berbagai cara.
2.      Peserta didik mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar.
3.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari lima peserta didik untuk mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat laporan untuk memperdalam pengetahuan tentang qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
d. Verification
1.      Peserta didik melakukan kegiatan tanya jawab tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan tugasnya.
2.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil tanya jawab tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan tugasnya.
e. Generalization
1.      Peserta didik menyusun bahan paparan tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan tugasnya.
2.      Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan tugasnya di depan kelas.
3.      Guru menilai hasil presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab.















Rasa ingin tahu, komunikatif















Mandiri, rasa ingin tahu,
























Komunikatif, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.








Komunikatif, tanggung jawab.
105 menit
Penutup
1.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.      Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Menghargai prestasi, religious, disiplin.
15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Karakter Yang Dikembangkan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar dan dalil naqli tentang qodo dan qodar.
3.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada qodo dan qodar dan dalil tentang qodo dan qodar.
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam pengetahuan tentang qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
Religius, disiplin, dan menghargai orang lain
15 menit
Inti
 a. Stimulation
1)        Guru membuka kesempatan secara luas dan bervariasi kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca tentang makna beriman kepada qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 8 s.d. 9.
2)        Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang makna beriman kepada qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar.
b. Problem statement
1)        Guru meminta peserta didik untuk membuka buku Kreatif Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 10 pada bagian “Proyek”
2)        Guru memberikan proyek kepada peserta didik untuk mencari bahan-bahan dari internet yang berkaitan dengan qodo dan qodar. Selain itu, peserta didik juga ditugaskan untuk
c. Data collection
1)        Guru membagi kelompok belajar siswa.
2)        Guru mengatur alokasi waktu peserta didik dalam menyusun tugas Proyek yang diberikan.
3)        Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara berkelompok.

d. Verivication
1)      Guru memeriksa kemajuan proyek yang dibuat oleh peserta didik sambil menanyakan apabila ada kesulitan.
e. Generalization
1) Peserta didik menyusun bahan paparan tentang nama-nama qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar serta dalil-dalil dalam Al Quran yang berkaitan dengan penciptaan qodo dan qodar, nama-nama beserta tugasnya.
2) Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang nama-nama qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar di depan kelas.
3)  Guru menilai hasil presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab.
















Rasa ingin tahu, komunikatif












Mandiri, rasa ingin tahu,








Komunikatif, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.
Komunikatif, tanggung jawab.
105 menit
Penutup
1.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.      Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Menghargai prestasi, religious, disiplin.
15 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Karakter Yang Dikembangkan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran tentang hikmah beriman kepada qodo dan qodar dan menerapkan perilaku mulia.
3.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Guru mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari materi hikmah beriman kepada qodo dan qodar dan menerapkan perilaku yang mulia.
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam pengetahuan tentang qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
Religius, disiplin, dan menghargai orang lain
15 menit
Inti
a.      Stimulation
1)   Guru bersama-sama dengan peserta didik mereview materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang beriman kepada qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 5 s.d. 10.
b.    Problem Statement
1)      Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai pengertian iman kepada qodo dan qodar yang sudah diamatinya.
2)      Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3)      Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
c.    Data Collection
Ulangan Harian 1
1)   Peserta didik mengerjakan soal-soal ulangan harian 1 dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 12 s.d. 14 secara mandiri.
d.    Verification
1.      Peserta didik bersama-sama dengan guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik dengan membuka kembali materi yang sudah dipelajari.
e.       Generalization
1)      Peserta didik mengumpulkan pekerjaan yang sudah dikoreksi.
2)      Guru menilai hasil belajar peserta didik.
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab.







Rasa ingin tahu, komunikatif











Mandiri, rasa ingin tahu,







Komunikatif, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.

Komunikatif, tanggung jawab.
105 menit
Penutup
1.      Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai hasil belajar peserta didik.
3.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Menghargai prestasi, religious, disiplin.
15 menit

H.    Penilaian, Pembelajaran Remedi, dan Pengayaan
1.      Sikap Spiritual (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.         Teknik penilaian   : observasi guru
b.        Bentuk instrumen : lembar observasi sikap spiritual
c.         Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Berdoa sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran
1
2
Menerapkan nilai-nilai keimanan kepada qodo dan qodar
2
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 1)

2.      Sikap Sosial (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.         Teknik Penilaian       : Observasi Guru
b.        Bentuk Instrumen     : Lembar Observasi Sikap Sosial
c.         Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Mawas diri
1
2
Taat beribadah
2
3
Jujur
3
4
Rasa ingin tahu
4
5
Kedisiplinan
5
              *Instrumen: Terlampir (Lampiran 2)

3.      Pengetahuan (Pertemuan Ketiga)
a.       Teknik penilaian   : tes tertulis
b.      Bentuk instrumen : soal pilihan ganda dan soal uraian
c.       Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir lnstrumen
1.
Menjelaskan tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar.
1
2.
Menjelaskan tentang dalil naqli dan dalil aqli tentang qodo dan qodar.
2
3.
Menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar.
3
4.
Menjelaskan tentang balasan amal baik dan buruk.
4
5.
Menjelaskan tentang hikmah beriman kepada qodo dan qodar.
5
6.
Menjelaskan tentang penerapan hikmah beriman kepada qodo dan qodar.
6
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 3)

4.      Ketrampilan (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.       Teknik penilaian   : tes praktik
b.      Bentuk instrumen : unjuk kerja


c.       Kisi-kisi
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Menerjemahkan ayat-ayat Al Quran
1
2
Diskusi
2
3
Penyusunan Laporan
3
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 3)

5.      Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
Teknik penilaian dan bentuk instrumen disesuaikan dengan pembelajaran remedi dan pengayaan yang ditetapkan oleh guru.




Mengetahui
Kepala Sekolah


Dra. Ummi Rosydiana, M.Par
NIP. 19670628 199303 2 002
Semarang, 03 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,


Drs. H. Mundakir
NIP. 19650304 199203 1 013



LAMPIRAN
Lampiran 1
Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No
Perilaku yang Diharapkan
Skor
1
Melakukan doa sebelum dan sesudah pelajaran

2
Mengamalkan nilai-nilai keimanan kepada qodo dan qodar dalam kehidupan sehari-hari

Jumlah Skor maksimal = 8


Nilai sikap spiritual =  x 100
Lembar Observasi Sikap Sosial
No
Perilaku yang Diharapkan
Skor
1
Bersikap mawas diri sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar

2
Selalu taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar

3
Bersikap jujur dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

4
Memiliki rasa ingin tahu terhadap materi yang akan diberikan

5
Menaati peraturan dalam mengikuti pembelajaran

Jumlah Skor maksimal = 20


Nilai sikap sosial =  x 10


Petunjuk Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Skor
Nilai Kualitatif
4
Sangat Baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang




Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Rentang Skor
Nilai
Nilai Kualitatif
76 – 100
A
Sangat Baik
51 – 75
B
Baik
25 – 50
C
Cukup
< 25
K
Kurang


Lampiran 2
Penilaian Pengetahuan
Lembar Penilaian Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian
No.
Lndikator
Butir Soal
1.
lndikater 1 = 2 Soal
1 Soal pilihan ganda
1 Soal uraian
Uraian: A1
Uraian:
B1
2.
lndikater 2 = 5 Soal
4 Soal pilihan ganda
1 Soal uraian
Pilihan ganda: A2, A3, A4, A20
Uraian:
B2
3.
lndikater 3 = 6 Soal
5 Soal pilihan ganda
1 Soal uraian
Pilihan ganda:
A5, A6, A8, A12, A17
Uraian:
B3
4.
lndikater 4 = 1 Soal
1 Soal pilihan ganda
- Soal uraian
Pilihan ganda: A7
Uraian:
-
5.
lndikater 5 = 4 Soal
4 Soal pilihan ganda
- Soal uraian
Pilihan ganda:
A9, A10, A11, A16
Uraian:
-
6.
lndikater 6 = 2 Soal
2 Soal pilihan ganda
- Soal uraian
Pilihan ganda: A14, A19
Uraian:
-
7.
lndikater 7 = 2 Soal
1 Soal pilihan ganda
1 Soal uraian
Pilihan ganda: A13
Uraian:
B5
8.
lndikater 8 = 3 Soal
2 Soal pilihan ganda
1 Soal uraian
Pilihan ganda: A15, A18
Uraian:
B4

Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda
Nomor Soal
Bobot Soal
1-20
5
Jumlah skor maksimal = 100
Nilai pilihan ganda      =  x 100

Petunjuk Penilaian Soal Uraian

No.

Butir Pertanyaan

Bobot
Soal
Kriteria

Skor
0
5
10
15
20
1.
Soal uraian Nomor 1 Ulangan Harian 1
20






2.
Soal uraian Nomor 2 Ulangan Harian 1
20






3.
Soal uraian Nomor 3 Ulangan Harian 1
20






4.
Soal uraian Nomor 4 Ulangan Harian 1
20






5.
Soal uraian Nomor 5 Ulangan Harian 1
20






Jumlah sker maksimal
100



Nilai Uraian     =  x 100
Nilai akhir       =  x 100

Lampiran 3
Penilaian Ketrampilan
Lembar Penilaian Ketrampilan

No.

Aspek yang Dinilai
Penilaian
1
2
3
4
1.
Keterampilan menerjemahkan ayat-ayat Alquran dan kandungan ayat-ayat Alquran.




2.
Keterampilan diskusi.




3.
Keterampilan menyusun laporan.





Jumlah skor





Petunjuk Penilaian Ketrampilan
Skor
Nilai Kualitatif
4
Sangat Baik
3
Baik
2
Cukup
1
Kurang

Rubrik Penilaian Ketrampilan
Rentang Skor
Nilai
Nilai Kualitatif
76 – 100
A
Sangat Baik
51 – 75
B
Baik
25 – 50
C
Cukup
< 25
K
Kurang
Nilai Ketrampilan        =  XII 100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…