|
SMK NEGERI 6 SEMARANG
|
F-KUR.09
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK Negeri 6 Semarang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester : XII/2
Materi Pokok : Iman Kepada Qodo dan Qodar
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI. 2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI. 3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI. 4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.1. Menghayati nilai-nilai keimann kepada qodo dan qodar.
2.6. Menunjukan sikap optimis, berikhtiar, dan tawakal
sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar Allah Swt.
3.6. Memahami makna iman kepada qodo dan qodar.
4.4. Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beiman kepada qodo
dan qodar Allah Swt.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi makna beriman kepada qodo dan qodar dari berbagai tinjauan
2. Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qodo dan qodar dari berbagai tinjauan
3. Menganalisis hubungan antara beriman kepada qodo dan qodar dan perilaku teliti, disiplin dan waspada.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Memahami
makna hakikat qodo dan qodar.
2.
Memahami
makna beriman kepada qodo dan qodar.
3.
Menyebutkan
hikmah beriman kepada qodo dan qodar.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Memahami
pengerian qodo dan qodar.
b.
Dalil
– dalil tentang qodo dan qodar
c.
Kewajiban
beriman kepada qodo dan qodar.
d.
Macam
macam takdir.
2.
Pertemuan Kedua
a.
Makna
beriman kepada qodo dan qodar.
3.
Pertemuan Ketiga
a.
Hikmah
beriman kepada qodo dan qodar.
b.
Menerapkan
perilaku mulia
F. Pendekatan,
Model dan Metode
Pendekatan saintifik,
Model Discovery Based Learning, Metode Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan.
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Karakter
Yang Dikembangkan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.
Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar dan dalil naqli
tentang qodo dan qodar.
3.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait
dengan materi yang akan dipelajari.
4.
Guru
mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan
dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada qodo dan qodar.
5.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas
tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam pengetahuan
tentang iman kepada qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam
dalil-dalil Alquran.
|
Religius, disiplin, dan menghargai orang
lain
|
15
menit
|
Inti
|
a. Stimulation
1. Guru membuka kesempatan secara luas
dan bervariasi kepada
peserta didik untuk
melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca dan melihat tentang renungan
dan membaca materi mengenai perngertian iman kepada qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan
CV VIVA PAKARINDO, halaman 5
s.d. 8.
2. Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamatan untuk melatih
peserta didik dalam memperhatikan hal penting tentang
pengertian iman kepada qodo dan qodar.
b. Problem statemen
1. Guru
membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai
pengertian iman kepada qodo dan qodar yang sudah diamatinya.
2. Guru
membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3. Guru
mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah
diajukan.
4. Guru
membimbing peserta didik untuk mencari informasi yang lebih lanjut dan
beragam dari berbagai sumber.
c. Data collection
1. Guru
membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain
dan jumlah qodo dan qodar dari berbagai sumber
melalui berbagai cara.
2. Peserta
didik mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta membuat
laporan tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar.
3. Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari lima
peserta didik untuk mengkaji dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
serta membuat laporan untuk memperdalam pengetahuan tentang qodo dan qodar
dengan cara menggali penjelasan dalam dalil-dalil Alquran.
d. Verification
1. Peserta
didik melakukan kegiatan tanya jawab tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan
qodar serta nama-nama dan tugasnya.
2. Peserta
didik merumuskan simpulan dari hasil tanya jawab tentang perbedaan qodo dan qodar dengan makhluk gaib lain
dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan tugasnya.
e. Generalization
1. Peserta
didik menyusun bahan paparan tentang perbedaan qodo dan qodar
dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan
tugasnya.
2. Peserta
didik mempresentasikan hasil kegiatan tentang perbedaan qodo dan qodar
dengan makhluk gaib lain dan jumlah qodo dan qodar serta nama-nama dan
tugasnya di depan kelas.
3.
Guru menilai hasil presentasi dan
bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
|
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung
jawab.
Rasa ingin tahu, komunikatif
Mandiri, rasa ingin tahu,
Komunikatif, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.
Komunikatif, tanggung jawab.
|
105
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai
hasil belajar peserta didik.
5.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Menghargai prestasi, religious,
disiplin.
|
15
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Karakter
Yang Dikembangkan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.
Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran tentang pengertian iman kepada qodo dan qodar dan dalil naqli
tentang qodo dan qodar.
3.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.
Guru
mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan
dilakukan untuk mempelajari materi pengertian iman kepada qodo dan qodar dan
dalil tentang qodo dan qodar.
5.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas
tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam
pengetahuan tentang qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam
dalil-dalil Alquran.
|
Religius, disiplin, dan menghargai orang
lain
|
15
menit
|
Inti
|
a. Stimulation
1)
Guru membuka kesempatan
secara luas
dan bervariasi kepada
peserta didik untuk
melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca tentang makna beriman
kepada qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan
qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan
CV VIVA PAKARINDO, halaman 8
s.d. 9.
2)
Guru memfasilitasi peserta didik
melakukan pengamatan untuk
melatih peserta didik
dalam memperhatikan hal penting
tentang makna beriman kepada
qodo dan qodar dan hal-hal
yang berkaitan dengan qodo dan qodar.
b. Problem statement
1)
Guru meminta peserta didik untuk membuka buku
Kreatif Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO, halaman 10 pada bagian “Proyek”
2)
Guru memberikan proyek kepada
peserta didik untuk mencari bahan-bahan dari internet yang berkaitan dengan
qodo dan qodar. Selain itu, peserta didik juga ditugaskan untuk
c. Data collection
1)
Guru
membagi kelompok belajar siswa.
2)
Guru mengatur alokasi waktu peserta didik dalam menyusun tugas Proyek
yang diberikan.
3)
Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara
berkelompok.
d. Verivication
1) Guru memeriksa kemajuan proyek yang dibuat oleh
peserta didik sambil menanyakan apabila ada kesulitan.
e. Generalization
1)
Peserta didik
menyusun bahan paparan tentang nama-nama qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar serta dalil-dalil dalam Al Quran yang berkaitan dengan penciptaan
qodo dan qodar, nama-nama beserta tugasnya.
2)
Peserta didik
mempresentasikan hasil kegiatan tentang nama-nama
qodo dan qodar dan hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan
qodar di depan kelas.
3)
Guru menilai hasil
presentasi dan bertanya jawab sebagai hasil belajar peserta didik.
|
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung
jawab.
Rasa ingin tahu, komunikatif
Mandiri, rasa ingin tahu,
Komunikatif, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.
Komunikatif, tanggung jawab.
|
105
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pembelajaran.
2.
Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai
hasil belajar peserta didik.
5.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Menghargai prestasi, religious,
disiplin.
|
15
menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Karakter
Yang Dikembangkan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam, memimpin berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.
Guru
menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran tentang hikmah beriman kepada qodo dan qodar dan menerapkan
perilaku mulia.
3.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.
Guru
mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan
dilakukan untuk mempelajari materi hikmah beriman kepada qodo dan qodar dan menerapkan
perilaku yang mulia.
5.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas
tentang cara beriman yang benar kepada qodo dan qodar dan memperdalam
pengetahuan tentang qodo dan qodar dengan cara menggali penjelasan dalam
dalil-dalil Alquran.
|
Religius, disiplin, dan menghargai orang
lain
|
15
menit
|
Inti
|
a. Stimulation
1) Guru bersama-sama dengan peserta didik
mereview materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya tentang beriman
kepada qodo dan qodar dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan
CV VIVA PAKARINDO, halaman 5
s.d. 10.
b. Problem
Statement
1) Guru
membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai
pengertian iman kepada qodo dan qodar yang sudah diamatinya.
2) Guru
membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3) Guru
mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah
diajukan.
c. Data
Collection
Ulangan Harian
1
1) Peserta
didik mengerjakan soal-soal ulangan harian 1 dari buku Kreatif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Semester 2 terbitan
CV VIVA PAKARINDO, halaman 12
s.d. 14 secara mandiri.
d. Verification
1. Peserta didik
bersama-sama dengan guru mengoreksi hasil pekerjaan peserta didik dengan
membuka kembali materi yang sudah dipelajari.
e.
Generalization
1) Peserta
didik mengumpulkan pekerjaan yang sudah dikoreksi.
2)
Guru menilai hasil
belajar peserta didik.
|
Teliti, mandiri, gemar membaca, tanggung
jawab.
Rasa ingin tahu, komunikatif
Mandiri, rasa ingin tahu,
Komunikatif, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, tanggung jawab.
Komunikatif, tanggung jawab.
|
105
menit
|
Penutup
|
1.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling, dan/atau tugas individual atau kelompok sesuai
hasil belajar peserta didik.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Menghargai prestasi, religious,
disiplin.
|
15
menit
|
H.
Penilaian, Pembelajaran Remedi, dan Pengayaan
1.
Sikap Spiritual (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.
Teknik
penilaian : observasi guru
b.
Bentuk
instrumen : lembar observasi sikap spiritual
c.
Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran
|
1
|
2
|
Menerapkan
nilai-nilai keimanan kepada qodo dan qodar
|
2
|
*Instrumen:
Terlampir (Lampiran 1)
2.
Sikap Sosial (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.
Teknik
Penilaian : Observasi Guru
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi Sikap
Sosial
c.
Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Mawas
diri
|
1
|
2
|
Taat
beribadah
|
2
|
3
|
Jujur
|
3
|
4
|
Rasa
ingin tahu
|
4
|
5
|
Kedisiplinan
|
5
|
*Instrumen: Terlampir (Lampiran 2)
3.
Pengetahuan (Pertemuan Ketiga)
a.
Teknik
penilaian : tes tertulis
b.
Bentuk
instrumen : soal pilihan ganda dan soal uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir lnstrumen
|
1.
|
Menjelaskan tentang
pengertian iman kepada
qodo dan qodar.
|
1
|
2.
|
Menjelaskan tentang dalil naqli dan dalil aqli tentang qodo
dan qodar.
|
2
|
3.
|
Menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan qodo dan qodar.
|
3
|
4.
|
Menjelaskan tentang balasan amal baik dan buruk.
|
4
|
5.
|
Menjelaskan tentang hikmah beriman kepada qodo
dan qodar.
|
5
|
6.
|
Menjelaskan tentang penerapan hikmah beriman kepada qodo
dan qodar.
|
6
|
*Instrumen: Terlampir (Lampiran
3)
4.
Ketrampilan (Pertemuan Pertama s.d. Pertemuan Ketiga)
a.
Teknik
penilaian : tes praktik
b. Bentuk instrumen : unjuk kerja
c. Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menerjemahkan
ayat-ayat Al Quran
|
1
|
2
|
Diskusi
|
2
|
3
|
Penyusunan
Laporan
|
3
|
*Instrumen: Terlampir (Lampiran
3)
5.
Pembelajaran Remidi dan Pengayaan
Teknik penilaian dan bentuk instrumen disesuaikan dengan
pembelajaran remedi dan pengayaan yang ditetapkan oleh guru.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra. Ummi
Rosydiana, M.Par
NIP. 19670628 199303 2 002
|
Semarang, 03 Januari 2017
Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Mundakir
NIP.
19650304
199203 1 013
|
LAMPIRAN
Lampiran
1
Penilaian
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Lembar
Observasi Sikap Spiritual
No
|
Perilaku
yang Diharapkan
|
Skor
|
1
|
Melakukan doa sebelum dan sesudah
pelajaran
|
|
2
|
Mengamalkan nilai-nilai keimanan kepada qodo
dan qodar dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Jumlah
Skor maksimal = 8
|
|
Nilai
sikap spiritual = x
100
Lembar Observasi Sikap Sosial
No
|
Perilaku
yang Diharapkan
|
Skor
|
1
|
Bersikap mawas diri sebagai cerminan
dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar
|
|
2
|
Selalu taat beribadah sebagai cerminan
dari kesadaran beriman kepada qodo dan qodar
|
|
3
|
Bersikap jujur dan tanggung jawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
|
|
4
|
Memiliki rasa ingin tahu terhadap materi
yang akan diberikan
|
|
5
|
Menaati peraturan dalam mengikuti
pembelajaran
|
|
Jumlah
Skor maksimal = 20
|
|
Nilai
sikap sosial = x
10
Petunjuk
Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Skor
|
Nilai Kualitatif
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Rentang Skor
|
Nilai
|
Nilai Kualitatif
|
76 – 100
|
A
|
Sangat Baik
|
51 – 75
|
B
|
Baik
|
25 – 50
|
C
|
Cukup
|
< 25
|
K
|
Kurang
|
Lampiran 2
Penilaian Pengetahuan
Lembar
Penilaian Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian
No.
|
Lndikator
|
Butir Soal
|
1.
|
lndikater 1 = 2 Soal
1 Soal
pilihan ganda
1 Soal
uraian
|
Uraian: A1
Uraian:
B1
|
2.
|
lndikater 2 = 5 Soal
4 Soal
pilihan ganda
1 Soal
uraian
|
Pilihan ganda: A2, A3, A4, A20
Uraian:
B2
|
3.
|
lndikater 3 = 6 Soal
5 Soal
pilihan ganda
1 Soal
uraian
|
Pilihan ganda:
A5, A6, A8, A12, A17
Uraian:
B3
|
4.
|
lndikater 4 = 1 Soal
1 Soal
pilihan ganda
- Soal uraian
|
Pilihan ganda: A7
Uraian:
-
|
5.
|
lndikater 5 = 4 Soal
4 Soal
pilihan ganda
- Soal uraian
|
Pilihan ganda:
A9, A10, A11, A16
Uraian:
-
|
6.
|
lndikater 6 = 2 Soal
2 Soal
pilihan ganda
- Soal uraian
|
Pilihan ganda: A14, A19
Uraian:
-
|
7.
|
lndikater 7 = 2 Soal
1 Soal
pilihan ganda
1 Soal
uraian
|
Pilihan ganda: A13
Uraian:
B5
|
8.
|
lndikater 8 = 3 Soal
2 Soal
pilihan ganda
1 Soal
uraian
|
Pilihan ganda: A15, A18
Uraian:
B4
|
Petunjuk Penilaian Soal
Pilihan Ganda
Nomor Soal
|
Bobot Soal
|
1-20
|
5
|
Jumlah
skor maksimal = 100
Nilai
pilihan ganda = x
100
Petunjuk Penilaian Soal
Uraian
No.
|
Butir Pertanyaan
|
Bobot
Soal
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
0
|
5
|
10
|
15
|
20
|
||||
1.
|
Soal uraian
Nomor 1 Ulangan Harian 1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Soal uraian
Nomor 2 Ulangan Harian 1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Soal uraian
Nomor 3 Ulangan Harian 1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Soal uraian
Nomor 4 Ulangan Harian 1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Soal uraian
Nomor 5 Ulangan Harian 1
|
20
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah sker maksimal
|
100
|
|
|
Nilai
Uraian = x
100
Nilai
akhir = x
100
Lampiran 3
Penilaian Ketrampilan
Lembar
Penilaian Ketrampilan
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Keterampilan menerjemahkan ayat-ayat Alquran dan kandungan ayat-ayat Alquran.
|
|
|
|
|
2.
|
Keterampilan
diskusi.
|
|
|
|
|
3.
|
Keterampilan
menyusun laporan.
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penilaian Ketrampilan
|
|
Skor
|
Nilai Kualitatif
|
4
|
Sangat Baik
|
3
|
Baik
|
2
|
Cukup
|
1
|
Kurang
|
Rubrik
Penilaian Ketrampilan
|
||
Rentang Skor
|
Nilai
|
Nilai Kualitatif
|
76 – 100
|
A
|
Sangat Baik
|
51 – 75
|
B
|
Baik
|
25 – 50
|
C
|
Cukup
|
< 25
|
K
|
Kurang
|
Nilai
Ketrampilan = XII
100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar