RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK
Negeri (…………………..)
Kompetensi
Keahlian : Teknik Kendaraan
Ringan
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Dioda dan Regulator Tegangan Konvensional
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit
Pertemuan : 1 pertemuan
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kerja merawat sistem pengisian untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu
melaksanakan tugas merawat sistem pengisian dibawah pengawasan langsung.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1
Linkungan hidup dan
sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian
dan kelangsungan hidupnya.
1.2
Pengembangan
dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak
dan mencemari lingkungan, alam dan manusia.
2.1
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi
pemeliharaan sistem
kelistrikan, sistem
pengapian, sistem
starter, sistem
pengisian.
2.2
Menunjukkan sikap cermat
dan teliti dalam memahami dan membaca simbol-simbol sistem kelistrikan, system pengapian,
sistem starter, sistem
pengisian.
2.3
Menunujukkan sikap
disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai dengan
SOP.
2.4
Menunjukkan sikap peduli terhadap
lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan
perbaikan sistem
kelistrikan,
sistem
pengapian, sistem
starter, sistem
pengisian kendaraan ringan.
3.4
Memahami Sistem Pengisian.
Indikator:
1.
Dapat memahami macam dan fungsi
diode pada system pengisian dan mampu menjelaskan bagaimana cara kerjanya.
2.
Dapat memahami fungsi, fungsi
masing-masing komponen dan cara kerja regulator tegangan konvensional.
4.4
Memelihara
Sistem Pengisian.
Indikator:
1.
Dapat mengidentifikasi
diode positif dan diode negative pada system pengisian.
2.
Dapat melakukan
pengukuran hambatan (ohm) dengan menggunakan multimeter pada komponen regulator
konvensional.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik mampu menjelaskan macam dan fungsi diode pada
system pengisian serta menjelaskan bagaimana cara kerjanya tanpa melhat buku
atau literature dengan nilai minimal 75.
2.
Peserta didik mampu menyebutkan fungsi, komponen, fungsi
komponen, dan cara kerja regulator pengisian konvensional tanpa melihat buku
atau literature dengan nilai minimal 75.
D. MATERI PEMBELAJARAN
DIODA
Diode berfungsi untuk mengubah arus
bolak balik (AC) yang dihasilkan oleh kumparan stator menjadi arus searah (DC).
Karakteristik diode yang hanya bisa dialiri arus dalam satu arah, dimanfaatkan
sebagai penyearah arus. Pada alternator tipe konvensional, terdapat tiga buah
diode positif dan 3 buah diode negative. Keenam diode tersebut dirangkai dengan
system jembatan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 1. Rangkaian eman diode dalam
alternator
Berdaraskan gambar di atas, tampak
bahwa dua buah diode dihubungkan secara seri sehingga terdapat tiga pasang
diode yang dihubungkan secara seri. Kaki anoda pada sisi diode negative
digabungkan satu sama lain dan dihubungkan dengan massa, sedangkan kaki katoda
pada diode positive saling dihubungkan juga dan dihubungkan dengan terminal B.
Ujung-ujung kumparan stator disambungkan dengan bagian tengah di antara
pasangan diode yang dihubungkan secara seri.
REGULATOR
TEGANGAN KONVENSIONAL
Regulator adalah komponen sistem
pengisian yang berfungsi mengatur besarnya arus yang mengalir ke rotor untuk
mengatur tegangan yang di bankitkan oleh alteranator. Regulator ini terdiri
dari titik kontak, magnetic coil dan coil resistor.
Cara kerja
regulator konvensional:
a.
Kunci kontak on, mesin mati.
Bila kunci
kontak diutar ke ON, maka arus field dari batrai mengalir ke rotor dan
merangsang rotor coil. Pada saat itu, arus baterai juga mengalir ke lampu
charge dan lampu akan menyala.
b.
Mesin hidup kecepatan rendah sampai sedang.
Setelah mesin hidup dan rotor
berputar, pada stator akan timbul tegangan dan tegangan netral dialirkan ke
voltage relay sehingga lampu charge akan mati. Padasaat itu, tegangan output
bekerja pada voltage regulator. Arus
field pada rotor diatur (naik dan turun) sesuai dengan tegangan output yang
bekerja pada voltage regulator. Jadi, tergantung pada kondisi PL0
arus field akan mengalir atau tidak
melebihi resistor (R).
c.
Mesin hidup kecepatan sedang sampai tinggi.
Bila rpm mesin dinaikkan, tegangan
yang dibankitkan oleh stator coil naik, dan gaya tarik magnetic coil (pada
voltage regulator) menjadikuat. Dengan gaya terik yang lebih kuat arus field
yang mengalir ke rotor coil akan terputus – putus. Dengan kata lain, lidah
titik kontak (moving point) Pl0 pada voltage regulator secara
terputus-putus berhubungan dengan PL2.
E.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery
Metode : Ceramah dan Tanya Jawab
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
Komputer, on focus, layar LCD, papan tulis, spidol,
penghapus.
2. Alat dan Bahan
a.
Power
point
b.
Benda konkrit
3.
Sumber Belajar
a.
Widjanarko, Dwi. 2014. Paket Pembelajaran 2 – Sistem Pengisian.
Semarang: Universitas Negeri Semarang
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
Waktu : 1 x 30 menit
Materi : Pendahuluan
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke dalam kelas dan menyapa
dengan memberikan salam kepada peserta didik.
·
Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan
mengajak peserta didik untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik (guru menanamkan sikap disiplin), kebersihan dan kerapian kelas
sebagai wujud kepedulian lingkungan. Setelah
mempersiapkan pembelajaran, guru menyampaikan apersepsi kepada peserta didik
dengan tujuan membimbing ingatan peserta didik pada materi yang akan
diberikan pada pertemuan kali ini dengan mereview sedikit materi pertemuan
sebelumnya dan kemudian menghubungkannya
dengan materi yang akan dipelajari dengan menunjukan
benda asli atau gambar kemudian menanyakannya kepada peserta didik, “Ini apa, letaknya di mana, dana pa fungsinya ?”
·
Peserta didik diminta menjawab
pertanyaan tersebut lalu guru melengkapi jawaban peserta didik.
·
Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik
untuk menarik perhatian peserta didik dengan mendeskripsikan regulator
pengisian terlebih dahulu kemudian bertanya, “bagai manakah cara kerjanya?”
·
Peserta didik diminta menjawab tersebut lalu dilengkapi
oleh guru.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
(Observing)
· Guru
menampilkan gambar dan regulator.
· Peserta
didik mengamati gambar.
· Guru mengarahkan perhatian peserta didik pada gambar perpotongan
komponen-komponen regulator.
Menanya (Questioning)
· Guru mengajukan pertanyaan tentang fungsi tiap-tiap komponen.
· Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah
diajukan oleh guru.
· Guru menanyakan konsep dasar tersebut.
· Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan
pengamatan peserta didik.
Mengumpulkan data (Experimenting)
· Peserta didik mendiskusikan pemahaman tentang regulator.
· Di dalam kelas peserta didik berdiskusi fungsi
tentang fungsi komponen regulator pada sistem pengisian dengan mencari
jawaban pada buku atau internet.
· Peserta didik menganalisis cara kerja dan regulator.
Mengasosiasi (Associating)
·
Peserta
didik menyimpulkan yang sudah ditemukan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Peserta
didik menyajikan semua yang telah dipelajari secara lisan dengan menggunakan
tata bahasa yang baik dan benar.
|
20 menit
|
Penutup
|
·
Guru
memperbaiki jawaban dari peserta didik
·
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan
hasil pembahasan tentang regulator.
·
Guru memberikan tugas
untuk mempelajari regulator elektronik.
|
5 menit
|
H. PENILAIANN
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Afektif (Sikap)
a. Santun
b. Jujur
c. Percaya diri
d. Tanggung
Jawab
|
Observasi sikap lewat petunjuk penilaian
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Kognitif
a. Pengetahuan peserta didik tentang besaran listrik
|
Tes tertulis
|
Setelah pembelajaran
|
I.
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
LEMBAR
PENILAIAN AFEKTIF
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial
peserta didik. Berilah tanda (v) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan
oleh peserta didik sesuai dengan kriteria.
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||||||||||
Mengajukan Pertanyaan
|
Menjawab
Pertanyaan
|
Memberikan
Pendapat
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
Mengajukan pertanyaan
|
Peserta didik dapat mengajukan
pertanyaan tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
|
1
|
Peserta didik dapat mengajukan
pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari
|
2
|
|
Peserta didik dapat mengajukan
pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas
|
3
|
|
Peserta didik dapat mengajukan
pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas, tepat dan logis
|
4
|
|
Menjawab Pertanyaan
|
Peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tetapi salah
|
1
|
Peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tetapi kurang tepat
|
2
|
|
Peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dengan jelas
|
3
|
|
Peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dengan jelas , tepat dan logis
|
4
|
|
Memberikan Pendapat
|
Peserta didik dapat memberikan
pendapat tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
|
1
|
Peserta didik dapat memberikan
pendapatnya sesuai dengan materi yang dipelajari
|
2
|
|
Peserta didik dapat memberikan
pendapatnya sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas
|
3
|
|
Peserta didik dapat memberikan
pendapatnya sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas, tepat
dan logis
|
4
|
|
Keterangan:
A = amat baik (81 -100)
B = baik (61 -80)
C = cukup (41 -60)
D = kurang ( ≤40)
2.
LEMBAR PENILAIAN KOGNTIF
Soal (tes
tertulis)
1.
Jelaskan fungsi diode
pada system pengisian!
Jawab:
Diode berfungsi untuk mengubah arus
bolak balik (AC) yang dihasilkan oleh kumparan stator menjadi arus searah (DC).
2.
Mengapa arus pengisian harus di searahkan telebih dahulu
dengan menggunakan diode?
Jawab:
Karena
arus pada baterai adalah arus searah. Jadi, untuk melakukan pengisian pada
baterai harus dengan arus searah pula.
3.
Jelaskan fungsi dari regulator
pada sistem pengisian!
Jawab
:
Regulator adalah komponen sistem
pengisian yang berfungsi mengatur besarnya arus yang mengalir ke rotor untuk
mengatur tegangan yang di bankitkan oleh alteranator. Regulator ini terdiri
dari titik kontak, magnetic dan coil resistor.
4.
Sebutkan
terminal-terminal yang ada pada regulator!?
Jawab:
Terminal
yang ada pada regulator IG, N, F, E, L, B.
5.
Jelaskan alur kerja
regulator dengan menggunakan gambar saat
kunci kontak ON?
Jawab:
Alur
pada saat kunci kontak ON.
·
Battery à
Fuse à Kunci Kontak à
sekring à terminal IG à
PL1 à PL0 à
Terninal F regulator à
terminal F alternator à
rotor coil à masa. (terjadi kemagnetan pada rotor)
·
Battery à
Fuse à kunci kontak à
sekring à lampu charge à
Terminal L à P0 à
P1 à masa
(lampu nyala)
RUBRIK
PENILAIAN KOGNITIF
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
Proses dan hasil akhir sesuai
|
4
|
Proses sesuai tetapi hasil akhir
tidak sesuai
|
3
|
Proses sesuai tetapi hasil akhir
tidak sesuai
|
2
|
Proses dan hasil akhir tidak
sesuai
|
1
|
Tidak menjawab
|
0
|
|
Keterangan:
A =
amat baik (81 -100)
B =
baik (61 -80)
C =
cukup (41 -60)
D
= kurang (
≤40)kan alur kerja
regulator dengan menggunakan gambar saat
kunci kontak ON?
Jawab:
Alur
pada saat kunci kontak ON.
·
Battery à
Fuse à Kunci Kontak à
sekring à terminal IG à
PL1 à PL0 à
Terninal F regulator à
terminal F alternator à
rotor coil à masa. (terjadi kemagnetan pada rotor)
·
Battery à
Fuse à kunci kontak à
sekring à lampu charge à
Terminal L à P0 à
P1 à masa
(lampu nyala)
RUBRIK
PENILAIAN KOGNITIF
Kriteria Jawaban
|
Skor
|
Proses dan hasil akhir sesuai
|
4
|
Proses sesuai tetapi hasil akhir
tidak sesuai
|
3
|
Proses sesuai tetapi hasil akhir
tidak sesuai
|
2
|
Proses dan hasil akhir tidak
sesuai
|
1
|
Tidak menjawab
|
0
|
|
Keterangan:
A =
amat baik (81 -100)
B =
baik (61 -80)
C =
cukup (41 -60)
D
= kurang (
≤40)
izin copy semoga bermanfaat, terima kasih
BalasHapusSilahkan. Terima kasih. :)
HapusIzin copy, bapak, trimakasih
BalasHapus