Selasa, 22 Maret 2016

RPP SISTEM PENGISIAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah                         : SMK Negeri (…………………..)
Kompetensi Keahlian              : Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran                         : Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
Kelas/Semester                        : XI/2
Materi Pokok                           : Dioda dan Regulator Tegangan Konvensional
Alokasi Waktu                         : 1 x 30 menit
Pertemuan                                : 1 pertemuan

A.      KOMPETENSI INTI
1.        Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kerja merawat sistem pengisian untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu melaksanakan tugas merawat sistem pengisian dibawah pengawasan langsung.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1    Linkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga keletarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2    Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam menginterpretasikan dan mengidentifikasi pemeliharaan sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian.
2.2    Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca simbol-simbol sistem kelistrikan, system pengapian, sistem starter, sistem pengisian.
2.3    Menunujukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam mengikuti langkah-langkah kerja sesuai dengan SOP.
2.4    Menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem starter, sistem pengisian kendaraan ringan.
3.4    Memahami Sistem Pengisian.
Indikator:
1.        Dapat memahami macam dan fungsi diode pada system pengisian dan mampu menjelaskan bagaimana cara kerjanya.
2.        Dapat memahami fungsi, fungsi masing-masing komponen dan cara kerja regulator tegangan konvensional.
4.4    Memelihara Sistem Pengisian.
Indikator:
1.        Dapat mengidentifikasi diode positif dan diode negative pada system pengisian.
2.        Dapat melakukan pengukuran hambatan (ohm) dengan menggunakan multimeter pada komponen regulator konvensional.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.        Peserta didik mampu menjelaskan macam dan fungsi diode pada system pengisian serta menjelaskan bagaimana cara kerjanya tanpa melhat buku atau literature dengan nilai minimal 75.
2.        Peserta didik mampu menyebutkan fungsi, komponen, fungsi komponen, dan cara kerja regulator pengisian konvensional tanpa melihat buku atau literature dengan nilai minimal 75.
D.      MATERI PEMBELAJARAN
DIODA
Diode berfungsi untuk mengubah arus bolak balik (AC) yang dihasilkan oleh kumparan stator menjadi arus searah (DC). Karakteristik diode yang hanya bisa dialiri arus dalam satu arah, dimanfaatkan sebagai penyearah arus. Pada alternator tipe konvensional, terdapat tiga buah diode positif dan 3 buah diode negative. Keenam diode tersebut dirangkai dengan system jembatan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 1. Rangkaian eman diode dalam alternator
Berdaraskan gambar di atas, tampak bahwa dua buah diode dihubungkan secara seri sehingga terdapat tiga pasang diode yang dihubungkan secara seri. Kaki anoda pada sisi diode negative digabungkan satu sama lain dan dihubungkan dengan massa, sedangkan kaki katoda pada diode positive saling dihubungkan juga dan dihubungkan dengan terminal B. Ujung-ujung kumparan stator disambungkan dengan bagian tengah di antara pasangan diode yang dihubungkan secara seri.
REGULATOR TEGANGAN KONVENSIONAL
Regulator adalah komponen sistem pengisian yang berfungsi mengatur besarnya arus yang mengalir ke rotor untuk mengatur tegangan yang di bankitkan oleh alteranator. Regulator ini terdiri dari titik kontak, magnetic coil dan coil resistor.

Cara kerja regulator konvensional:
a.         Kunci kontak on, mesin mati.
Bila kunci kontak diutar ke ON, maka arus field dari batrai mengalir ke rotor dan merangsang rotor coil. Pada saat itu, arus baterai juga mengalir ke lampu charge dan lampu akan menyala.
b.        Mesin hidup kecepatan rendah sampai sedang.
Setelah mesin hidup dan rotor berputar, pada stator akan timbul tegangan dan tegangan netral dialirkan ke voltage relay sehingga lampu charge akan mati. Padasaat itu, tegangan output bekerja  pada voltage regulator. Arus field pada rotor diatur (naik dan turun) sesuai dengan tegangan output yang bekerja pada voltage regulator. Jadi, tergantung pada kondisi PL­0­­ arus field akan mengalir atau  tidak melebihi resistor (R).
c.       Mesin hidup kecepatan sedang sampai tinggi.
Bila rpm mesin dinaikkan, tegangan yang dibankitkan oleh stator coil naik, dan gaya tarik magnetic coil (pada voltage regulator) menjadikuat. Dengan gaya terik yang lebih kuat arus field yang mengalir ke rotor coil akan terputus – putus. Dengan kata lain, lidah titik kontak (moving point) Pl­0­ pada voltage regulator secara terputus-putus berhubungan dengan PL­2­.

E.       PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Saintifik
Model              : Discovery
Metode            : Ceramah dan Tanya Jawab

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.        Media
Komputer, on focus, layar LCD, papan tulis, spidol, penghapus.
2.    Alat dan Bahan
a.        Power point
b.        Benda konkrit
3.    Sumber Belajar
a.         Widjanarko, Dwi. 2014. Paket Pembelajaran 2 – Sistem Pengisian. Semarang: Universitas Negeri Semarang

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Waktu : 1 x 30 menit
Materi  : Pendahuluan
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru masuk ke dalam kelas dan menyapa dengan memberikan salam kepada peserta didik.
·         Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan mengajak peserta didik untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·         Guru memeriksa kehadiran peserta didik (guru menanamkan sikap disiplin), kebersihan dan kerapian kelas sebagai wujud kepedulian lingkungan. Setelah mempersiapkan pembelajaran, guru menyampaikan apersepsi kepada peserta didik dengan tujuan membimbing ingatan peserta didik pada materi yang akan diberikan  pada pertemuan kali ini dengan mereview sedikit materi pertemuan sebelumnya  dan kemudian menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari dengan menunjukan benda asli atau gambar kemudian menanyakannya kepada peserta didik, “Ini apa, letaknya di mana, dana pa fungsinya ?
·         Peserta didik diminta menjawab pertanyaan tersebut  lalu guru melengkapi jawaban peserta didik.
·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menarik perhatian peserta didik dengan mendeskripsikan regulator pengisian terlebih dahulu kemudian bertanya, “bagai manakah cara kerjanya?”
·         Peserta didik diminta menjawab tersebut lalu dilengkapi oleh guru.
5 menit
Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menampilkan gambar dan regulator.
·      Peserta didik mengamati gambar.
·      Guru mengarahkan perhatian peserta didik pada gambar perpotongan komponen-komponen regulator.
Menanya (Questioning)
·      Guru mengajukan pertanyaan tentang fungsi tiap-tiap komponen.
·      Peserta didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan oleh guru.
·      Guru menanyakan konsep dasar tersebut.
·      Peserta didik menjawab pertanyaan berdasarkan pengamatan peserta didik.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·      Peserta didik mendiskusikan pemahaman tentang regulator.
·      Di dalam kelas peserta didik berdiskusi fungsi tentang fungsi komponen regulator pada sistem pengisian dengan mencari jawaban pada buku atau internet.
·      Peserta didik menganalisis cara kerja dan regulator.
Mengasosiasi (Associating)
·      Peserta didik menyimpulkan yang sudah ditemukan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Peserta didik menyajikan semua yang telah dipelajari secara lisan dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.
20 menit
Penutup
·         Guru memperbaiki jawaban dari peserta didik
·         Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembahasan tentang regulator.
·         Guru memberikan tugas untuk mempelajari regulator elektronik.
5 menit

H.    PENILAIANN
No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Afektif (Sikap)
a. Santun
b. Jujur
c. Percaya diri
d. Tanggung Jawab
Observasi sikap lewat petunjuk penilaian
Selama pembelajaran
2.
Kognitif
a. Pengetahuan peserta didik tentang besaran listrik
Tes tertulis
Setelah pembelajaran

I.         INSTRUMEN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.        LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berilah tanda (v) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh peserta didik sesuai dengan kriteria.
No.

Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Mengajukan Pertanyaan
Menjawab
Pertanyaan
Memberikan
Pendapat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5














6














7














8














9














10














11














12














13














14














15














16














17














18














19














20














21














22














23














24














25














           
RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor



Mengajukan pertanyaan
Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
1
Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari
2
Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas
3
Peserta didik dapat mengajukan pertanyaan sesuai dari materi yang dipelajari dengan jelas, tepat dan logis
4
Menjawab Pertanyaan


Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tetapi salah
1
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan tetapi kurang tepat
2
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan  jelas
3
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan  jelas , tepat dan logis
4
Memberikan Pendapat
Peserta didik dapat memberikan pendapat tetapi menyimpang dari materi yang dipelajari
1
Peserta didik dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari
2
Peserta didik dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas
3
Peserta didik dapat memberikan pendapatnya  sesuai dengan materi yang dipelajari dengan jelas, tepat dan logis
4

Perhitungan nilai :

Keterangan:
A         = amat baik (81 -100)
B         = baik (61 -80)
C         = cukup (41 -60)
D         = kurang ( ≤40)

2.        LEMBAR PENILAIAN KOGNTIF
Soal (tes tertulis)
1.        Jelaskan fungsi diode pada system pengisian!
Jawab:
Diode berfungsi untuk mengubah arus bolak balik (AC) yang dihasilkan oleh kumparan stator menjadi arus searah (DC).
2.        Mengapa arus pengisian harus di searahkan telebih dahulu dengan menggunakan diode?
Jawab:
Karena arus pada baterai adalah arus searah. Jadi, untuk melakukan pengisian pada baterai harus dengan arus searah pula.
3.        Jelaskan fungsi dari regulator pada sistem pengisian!
Jawab :
Regulator adalah komponen sistem pengisian yang berfungsi mengatur besarnya arus yang mengalir ke rotor untuk mengatur tegangan yang di bankitkan oleh alteranator. Regulator ini terdiri dari titik kontak, magnetic dan coil resistor.
4.        Sebutkan terminal-terminal yang ada pada regulator!?
Jawab:
Terminal yang ada pada regulator IG, N, F, E, L, B.
5.        Jelaskan alur kerja regulator dengan  menggunakan gambar saat kunci kontak ON?
Jawab:
Alur pada saat kunci kontak ON.
·           Battery à Fuse à Kunci Kontak à sekring à terminal IG à PL­ à PL­0­ à Terninal F regulator à terminal F alternator à rotor coil à masa. (terjadi kemagnetan pada rotor)
·           Battery à Fuse à kunci kontak à sekring à lampu charge à Terminal L à P­0­ à1­ à  masa (lampu nyala)
RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF
Kriteria Jawaban
Skor
Proses dan hasil akhir sesuai
4
Proses sesuai tetapi hasil akhir tidak sesuai
3
Proses sesuai tetapi hasil akhir tidak sesuai
2
Proses dan hasil akhir tidak sesuai
1
Tidak menjawab
0

Keterangan:
A        = amat baik (81 -100)
B         = baik (61 -80)
C         = cukup (41 -60)
D         = kurang ( ≤40)kan alur kerja regulator dengan  menggunakan gambar saat kunci kontak ON?
Jawab:
Alur pada saat kunci kontak ON.
·           Battery à Fuse à Kunci Kontak à sekring à terminal IG à PL­ à PL­0­ à Terninal F regulator à terminal F alternator à rotor coil à masa. (terjadi kemagnetan pada rotor)
·           Battery à Fuse à kunci kontak à sekring à lampu charge à Terminal L à P­0­ à1­ à  masa (lampu nyala)
RUBRIK PENILAIAN KOGNITIF
Kriteria Jawaban
Skor
Proses dan hasil akhir sesuai
4
Proses sesuai tetapi hasil akhir tidak sesuai
3
Proses sesuai tetapi hasil akhir tidak sesuai
2
Proses dan hasil akhir tidak sesuai
1
Tidak menjawab
0

Keterangan:
A        = amat baik (81 -100)
B         = baik (61 -80)
C         = cukup (41 -60)

D         = kurang ( ≤40)

3 komentar:

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…