Selasa, 19 Mei 2015

KLASIFIKASI POMPA DAN KOMPRESOR

logo unnes.jpg

MAKALAH
KLASIFIKASI POMPA DAN KOMPRESOR


Disusun oleh:
Bimo Handoko (5202413049)
Pend. Teknik Otomotif, S1
No. Urut: 07



Dosen Pengampu:
Prof. Dr. Sudarman, M.Pd.


TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pompa dan compressor adalah salah satu alat yang banyak sekali digunakan dalam dunia industri, lebih khusus pada dunia industri otomotif. Banyak sekali kerja komponen-komponen otomotif yang memanfaatkan prinsip kerja pompa dan compressor, seperti pompa injeksi, pompa bahan bakar, pompa oli, compressor AC, dan lain-lain.
Sebagai mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif, yang nantinya diharapkan bisa terjun ke dunia pendidikan ataupun ke dunia insudtri tentunya dituntut untuk menguasai materi pompa dan compressor untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan atau dunia industry nantinya. Untuk itu, mahasiswa ditugaskan untuk menyusun makalah mengenai pompa dan compressor ini.

B.     Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain sebagai berikut:
1.      Menambah wawasan mahasiswa mengenai pompa dan compressor.
2.      Mahasiswa dapat menjelaskan kembali wawasan yang telah diperoleh kepada orang lain.

C.    Manfaat
Berdasarkan tujuan dari penyusunan makalah ini, maka manfaat dari penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Terciptanya mahasiswa dengan wawasan yang luas mengenai pompa dan compressor.
2.      Terbentuk mahasiswa yang mampu  menjelaskan wawasan yang telah ia peroleh mengenai pompa dan kompresor kepada orang lain.

D.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pompa dan kompresor diklasifikasikan?
BAB II
ISI
A.      Pompa
Pompa adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan suatu cairan (fluida) dari suatu tempat ke tempat lain dengan cara menaikkan tekanan cairan tersebut. Kenaikan tekanan cairan tersebut digunakan untuk mengatasi hambatan-hambatan pengaliran. Hambatan-hambatan pengaliran itu dapat berupa perbedaan tekanan, perbedaan ketinggian atau hambatan gesek.
Pompa beroperasi dengan prinsip membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge). Dengan kata lain, pompa berfungsi mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga (penggerak) menjadi tenaga kinetis (kecepatan), dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran.

B.       Klasifikasi Pompa
Pompa diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal, adapun klasifikasi pompa adalah sebagai berikut:
1.        Berdasarkan Cara Kerja
Berdasarkan cara kerjanya, pompa diklasifikasikan sebagai berikut:
a.    Pompa Perpindahan Positif
Pompa perpindahan positif dikenal dengan caranya beroperasi. Cairan diambil dari salah satu ujung dan pada ujung lainnya dialirkan secara positif untuk setiap putarannya. Pompa perpindahan positif digunakan secara luas untuk pemompaan fluida selain air, biasanya fluida kental.

Pompa perpindahan positif selanjutnya digolongkan berdasarkan cara perpindahannya, yaitu sebagai berikut:
1)      Pompa Rotari
Pompa rotary adalah pompa perpindahan positif dimana energi mekanis ditransmisikan dari mesin penggerak ke cairan dengan menggunakan elemen yang berputar (rotor) di dalam rumah pompa (casing). Pada waktu rotor berputar di dalam rumah pompa, akan terbentuk kantong-kantong yang mula-mula volumenya besar (pada sisi isap) kemudian volumenya berkurang (pada sisi tekan) sehingga fluida akan tertekan keluar.

Adapun jenis pompa rotary masih dibedakan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:
a)          Pompa Roda Gigi Luar
Pompa ini merupakan jenis pompa rotari yang paling sederhana. Apabila gerigi roda gigi berpisah  pada  sisi  hisap,  cairan  akan  mengisi  ruangan  yang  ada  diantara  gerigi  tersebut. Kemudian cairan  ini  akan  dibawa  berkeliling dan ditekan keluar apabila giginya bersatu lagi.
Pompa Roda Gigi Luar.png
Gb. Pompa Roda Gigi Luar

b)      Pompa Roda Gigi Dalam
Jenis ini mempunyai rotor yang mempunyai gerigi dalam yang berpasangan dengan roda gigikecil dengan penggigian luar yang bebas (idler). Sebuah sekat yang berbentuk bulan sabit dapatdigunakan untuk mencegah cairan kembali ke sisi hisap pompa.
Pompa Roda Gigi Dalam.png
Gb. Pompa Roda Gigi Dalam
c)      Pompa Cuping  (Lobe Pump)
Pompa cuping ini mirip dengan pompa jenis roda gigi dalam hal aksinya dan mempunyai 2 rotoratau lebih dengan 2,3,4 cuping atau lebih pada masing-masing rotor. Putaran rotor tadidiserempakkan oleh roda gigi luarnya.
Pompa Lobe.jpg
Gb. Pompa Lobe (Pompa Cuping)

d)      Pompa Sekrup (Screw Pump)
Pompa ini mempunyai 1,2 atau 3 sekrup yang berputar di dalam rumah pompa yang diam.Pompa sekrup tunggal mempunyai rotor spiral yang berputar di dalam sebuah stator atau lapisanheliks dalam (internal helix stator). Pompa 2 sekrup atau 3 sekrup masing-masing mempunyaisatu atau dua sekrup bebas (idler).
Pompa Sekrup.png
Gb. Pompa Sekrup (Screw Pump)

e)      Pompa Baling  Geser (Vane Pump)
Pompa ini menggunakan baling-baling yang dipertahankan tetap menekan lubang rumah pompaoleh gaya sentrifugal bila rotor diputar. Cairan yang terjebak diantara 2 baling dibawa berputardan dipaksa keluar dari sisi buang pompa.
Pompa Vane.png
Gb. Pompa Baling Geser (Vane Pump)

2)        Pompa Resiprokating
Pompa Reciproating adalah pompa dimana energi mekanik dari penggerak pompa diubah menjadi energi aliran dari cairan yang dipompa dengan menggunakan elemen yang bergerak bolak-balik di dalam silinder.
Pompa resiprokating banyak digunakan pada:
v  Proses yang memerlukan head tinggi
v  Kapasitas fluida yang rendah
v  Liquid yang kental (viscous liquid and slury)
v  Liquid yang mudah menguap
Kelebihan dan kekurangan pompa resiprokating:
a)        Kelebihan
v  Tekanan yang dihasilkan tinggi, karena hanya dibatasi oleh tenaga dari unit pompa dan bagian dari unit pompa.
v  Pompa dapat bekerja dengan pengisapan kering
b)        Kekurangan
v  Tekanan yang dihasilkan tinggi, karena hanya dibatasi oleh tenaga dari unit pompa dan bagian dari unit pompa.
v  Pompa dapat bekerja dengan pengisapan kering

Macam-macam pompa reciprocating adalah sebagai berikut:
a)         Pompa torak
Pompa torak merupakan suatu cakram yang tipis (plat disk) di mana terdapat packing pada ujungnya dan packing ring pada badan dari pompa torak itu sendiri.
Pompa Torak.png
Gb. Pompa Torak
b)        Pompa plunger
Pompa plunger merupakan suatu silinder baja yang panjang, packingnya terletak constant (stasionary) pada bagian dalam silindernya. Perbedaan dengan torak adalah bentuk yang lebih panjang  dan packing menempel pada silinder. Sedangkan torak, packing menempel pada torak itu sendiri.
Pompa Plunger.png
Gb. Pompa Plunger
c)      Pompa diafragma
Pompa diafragma merupakan salah satu jenis pompa reciprocating yang memanfaatkan diafragma sebagai elemen pompanya. Diafragma ini berupa lembaran plat tipis yang bersifat fleksibel, yang dimanfaatkan untuk menghisap dan menekan fluida.
Pompa Diafragma.jpg
Gb. Pompa Diafragma
b.        Pompa Dinamis
Pompa dinamik juga dikarakteristikkan oleh cara pompa tersebut beroperasi. Impeller yang berputar mengubah energi kinetik menjadi tekanan atau kecepatan yang diperlukan untuk memompa fluida. Terdapat dua jenis pompa dinamik:
1)        Pompa Sentrifugal 
Pada pompa sentrifugal, energi penggerak dari luar diberikan kepada poros yang kemudian digunakan untuk menggerakkan baling-baling yang disebut impeller. Impeller memutar cairan yang masuk ke dalam pompa sehingga mengakibatkan energi tekanan dan energi kinetik cairan bertambah. Cairan akan terlempar ke luar akibat gaya sentrifugal yang ditimbulkan gerakan impeler. Cairan yang keluar dari impeller ditampung oleh saluran berbentuk volut (spiral) di keliling impeller dan disalurkan ke luar pompa melalui difuser. Di dalam difuser ini sebagian energi kecepatan akan diubah menjadi energi tekanan.
Pompa Sentrifugal.jpg
Gb. Pompa Sentrifugal

a)      Prinsip Kerja Pompa sentrifugal
Prinsip dasar pompa sentrifugal adalah sebagai berikut:
v  Gaya sentrifugal bekerja pada impeller untuk mendorong fluida ke sisi luar sehingga kecepatan fluida meningkat 
v  Kecepatan fluida yang tinggi diubah oleh casing pompa (volute atau diffuser) menjadi tekanan atau head 
Selain itu, pada gambar memperlihatkan bagaimana pompa jenis ini beroperasi
v  Cairan dipaksa menuju sebuah impeler oleh tekanan atmosfir, atau dalam hal jet pump oleh tekanan buatan
v  Baling-baling impeler meneruskan energi kinetik ke cairan, sehingga menyebabkan cairan berputar. Cairan meninggalkan impeler pada kecepatan tinggi.
v  Impeler dikelilingi oleh volute casing atau dalam hal pompa turbin digunakan cincin diffuser stasioner. Volute atau cincin diffuser stasioner mengubah energi kinetik menjadi energi tekanan.

2)      Pompa Dengan Efek Khusus
Pompa dengan efek khusus merupakan pompa yang bekerja secara khusus. Khususnya pada Industri besar, termasuk pompa setrifugal Tipe khusus, terutama digunakan untuk kondisi khusus di lokasi industri.
Adapun jenis-jenis pompa dengan efek khusus antara lain adalah sebagai berikut:
v  Jet Pump (Pompa Sembur) digunakan untuk memompa fluida yang sangat dalam. Pada pompa ini dilengkapi dengan venture guna menambah kevakuman pada sisi hisap pompa sehingga fluida pada kedalaman yang cukup besar tetap dapat tershisap ke sisi hisap pompa untuk kemudian dipompakan melalui sisi discharge pompa.
v  Pompa Viscous digunakan untuk memompa fluida cair yang terdifusi dengan gas-gas atau udara atau juga digunakan untuk memompa zat-zat cair yang di dalamnya terkandung padatan. Pada pompa ini, impeller dibuat dengan bentuk disk, sehinga bisa menghilangkan gelembung-gelembung udara.
v  Pompa Choper digunakan untuk instalasi pengolahan limbah rumh tangga. Pada pompa jenis ini, impeller dilengkapi dengan pisau, guna menghancurkan partikel-partikel atau sampah-sampah limbah rumah tangga.
v  Pompa Slury digunakan untuk memompa fluida cair yang bercampur dengan lumpur atau zat lain yang bersifat korosif. Untuk mengatasi hal itu, pada pompa jenis ini dilengkapi dengan impeller yang dilapisi dengan bahan karet.

2.        Berdasarkan Kapasitas
Berdasarkan kapasitas kerjanya, pompa dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
Klasifikasi
Kapasitas
Rendah
20 m³/jam
Sedang
20 m³/jam -60 m³/jam
Tinggi
> 60 m³/jam

3.        Berdasarkan Head
Berdasarkan head pada pompa, pompa juga diklasifikasikan sebagai berikut:
Klasifikasi
Head
Rendah
1m - 40 m
Sedang
41m - 100 m
Tinggi
> 100 m

4.        Berdasarkan Penggunaan
Pompa berdasarkan aplikasi yang ada kita bisa sebutkan antara lain :
1.      Pompa rumah umum
2.      Pompa untuk perusahaan atau industri

C.      Kompresor
Kompresor merupakan mesin untuk menaikkan tekanan udara dengan cara memampatkan gas atau udara yang kerjanya didapat dari poros. Kompresor biasanya bekerja dengan menghisap udara atmosfir. Jika kompresor bekerja pada tekanan yang lebih tinggi dari tekanan atmosfir maka kompresor disebut sebagai penguat (booster), dan jika kompresor bekerja dibawah tekanan atmosfir maka disebut pompa vakum.  Gas mempunyai kemampuan besar untuk menyimpan energi persatuan volume dengan menaikkan tekanannya, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu : kenaikan temperatur pada pemampatan, pendinginan pada pemuaian, dan kebocoran yang mudah terjadi.
Secara garis besar kompresor dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu Positive Displacement compressor dan  Dynamic compressor  (Turbo). Positive Displacement compressor, terdiri atas Reciprocating dan Rotary. Sedangkan  Dynamic compressor  (turbo) terdiri atas  Centrifugal,  axial  dan ejector.

D.      Klasifikasi Kompresor
Kompresor akan diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1.        Berdasarkan Cara Kerja
Berdasarkan cara kerjanya, kompresor diklasifikasikan sebagai berikut:
a.      Kompresor Torak Resiprokal (reciprocating compressor)
Kompresor ini dikenal juga dengan kompresor torak, karena dilengkapi dengan torak yang bekerja bolak-balik atau gerak resiprokal. Pemasukan udara diatur oleh katup masuk dan dihisap oleh torak yang gerakannya menjauhi katup. Pada saat terjadi pengisapan, tekanan udara di dalam silinder mengecil, sehingga udara luar akan masuk ke dalam silinder secara alami. Pada saat gerak kompresi torak bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, sehingga udara di atas torak bertekanan tinggi, selanjutnya di masukkan ke dalam tabung penyimpan udara. Tabung penyimpanan dilengkapi dengan katup satu arah, sehingga udara yang ada dalam tangki tidak akan kembali ke silinder. Proses tersebut berlangsung terus-menerus hingga diperoleh tekanan udara yang diperlukan. Gerakan mengisap dan mengkompresi ke tabung penampung ini berlangsung secara terus menerus, pada umumnya bila tekanan dalam tabung telah melebihi kapasitas, maka katup pengaman akan terbuka, atau mesin penggerak akan mati secara otomatis.

Kompresor reciprocating tersedia dalam berbagai konfigurasi. Terdapat empat jenis yang paling banyak digunakan yaitu horizontal, vertical, horizontal balance-opposed, dan tandem. Jenis kompresor reciprocating vertical digunakan untuk kapasitas antara 50 – 150 cfm. Kompresor horisontal balance opposed digunakan pada kapasitas antara 200 – 5000 cfm untuk desain multi tahap dan sampai 10,000 cfm untuk desain satu tahap.
Kompresor Torak.jpg
Gb. Kompresor Torak

Kompresor udara reciprocating biasanya merupakan aksi tunggal dimana penekanan dilakukan hanya menggunakan satu sisi dari piston. Kompresor yang bekerja menggunakan dua sisi piston disebut sebagai aksi ganda. Sebuah kompresor dianggap sebagai kompresor satu tahap jika keseluruhan penekanan dilakukan menggunakan satu silinder atau beberapa silinder yang paralel. Beberapa penerapan dilakukan pada kondisi kompresi satu tahap. Rasio kompresi yang terlalu besar (tekanan keluar absolut/tekanan masuk absolut) dapat menyebabkan suhu pengeluaran yang berlebihan atau masalah desain lainnya. Mesin dua tahap yang digunakan untuk tekanan tinggi biasanya mempunyai suhu pengeluaran yang lebih rendah (140 to 160oC), sedangkan pada mesin satu tahap suhu lebih tinggi (205 to 240oC).

b.        Kompresor Torak Dua Tingkat Sistem Pendingin Udara
Kompresor udara bertingkat digunakan untuk menghasilkan tekanan udara yang lebih tinggi. Udara masuk akan dikompresi oleh torak pertama, kemudian didinginkan, selanjutnya dimasukkan dalam silinder kedua untuk dikompresi oleh torak kedua sampai pada tekanan yang diinginkan. Pemampatan (pengkompresian) udara tahap kedua lebih besar, temperatur udara akan naik selama terjadi kompresi, sehingga perlu mengalami proses pendinginan dengan memasang sistem pendingin. Metode pendinginan yang sering digunakan misalnya, dengan sistem udara atau dengan sistem air bersirkulasi. Batas tekanan maksimum untuk jenis kompresor torak resiprokal antara lain, untuk kompresor satu tingkat tekanan hingga 4 bar. Sedangkan dua tingkat atau lebih tekanannya hingga 15 bar.

c.         Kompresor Diafragma (diaphragma compressor)
Jenis Kompresor ini termasuk dalam kelompok kompresor torak. Namun letak torak dipisahkan melalui sebuah membran diafragma. Udara yang masuk dan keluar tidak langsung berhubungan dengan bagian-bagian yang bergerak secara resiprokal. Adanya pemisahan ruangan ini udara akan lebih terjaga dan bebas dari uap air dan pelumas/oli. Oleh karena itu kompresor diafragma banyak digunakan pada industri bahan makanan, farmasi, obat – obatan dan kimia.

Prinsip kerjanya hampir sama dengan kompresor torak. Perbedaannya terdapat pada sistem kompresi udara yang akan masuk ke dalam tangki penyimpanan udara bertekanan. Torak pada kompresor diafragma tidak secara langsung menghisap dan menekan udara, tetapi menggerakkan sebuah membran (diafragma) dulu. Dari gerakandiafragma yang kembang kempis itulah yang akan menghisap dan menekan udara ke tabung penyimpan.
Kompresor Diafragma.jpg
Gb. Kompresor Diafragma
d.        Kompresor Putar (Rotary Compressor)
Kompresor putar ini memiliki sepasang rotor berbentuk sekrup. Pasangan ini berputar serempak dalam arah yang berlawanan dan saling mengait seperti roda gigi. Putaran serempak ini dapat berlangsung karena kaitan gigi-gigi rotor itu sendiri atau dengan perantaraan sepasang roda gigi penyerempak putaran. Karena gesekan antar rotor sangat kecil, kompresor ini mempunyai performansi yang baik untuk umur kerja yang panjang. Perbedaan tekanan maksimum yang diizinkan pada kompresor ini ditentukan oleh defleksi lentur rotor dan besarnya biasanya adalah 30 kg/cm2 (2900 kPa). Mekanisme kerja kompresor rotary, udara masuk dimampatkan melalui Blade (Mata Pisau) yang berputar cepat. Blade tersebut digerakkan untuk memampatkan udara yang masuk.

Kompresor beroperasi pada kecepatan tinggi dan umumnya menghasilkan hasil keluaran yang lebih tinggi dibandingkan kompresor reciprocating. Biaya investasinya rendah, bentuknya kompak, ringan dan mudah perawatannya, sehingga kompresor ini sangat popular di industri. Biasanya digunakan dengan ukuran 30 sampai 200 hp atau 22 sampai 150 kW.
Jenis dari kompresor putar adalah:
a)        Kompresor lobe (roots blower)
b)        Kompresor ulir (ulir putar helical-lobe, dimana rotor putar jantan dan betina bergerak berlawanan arah dan menangkap udara sambil mengkompresi dan bergerak ke depan.
c)        Jenis baling-baling putar/ baling-baling luncur, ring cairan dan jenis gulungan.

Kompresor ulir putar menggunakan pendingin air. Jika pendinginan sudah dilakukan pada bagian dalam kompresor, tidak akan terjadi suhu operasi yang ekstrim pada bagian-bagian yang bekerja. Karena desainnya yang sederhana dan hanya sedikit bagian-bagian yang bekerja, kompresor udara ulir putar mudah perawatannya, mudah operasinya dan fleksibel dalam pemasangannya. Kompresor udara putar dapat dipasang pada permukaan apapun yang dapat menyangga berat Statiknya.
Kompresor Putar.jpg
Gb. Kompresor Putar
e.         Kompresor Sekrup (Screw)
Kompresor Sekrup memiliki dua rotor yang saling berpasangan atau bertautan (engage), yang satu mempunyai bentuk cekung, sedangkan lainnya berbentuk cembung, sehingga dapat memindahkan udara secara aksial ke sisi lainnya. Kedua rotor itu identik dengan sepasang roda gigi helix yang saling bertautan. Jika roda-roda gigi tersebut berbentuk lurus, maka kompresor ini dapat digunakan sebagai pompa hidrolik pada pesawat-pesawat hidrolik. Roda-roda gigi kompresor sekrup harus diletakkan pada rumah-rumah roda gigi dengan benar sehingga betul-betul dapat menghisap dan menekan fluida.
Kompresor Ulir.jpg
Gb. Kompresor Ulir
f.          Kompresor Root Blower (Sayap Kupu-kupu)
Kompresor jenis ini akan mengisap udara luar dari satu sisi ke sisi yang lain tanpa ada perubahan volume. Torak membuat penguncian pada bagian sisi yang bertekanan. Prinsip kompresor ini ternyata dapat disamakan dengan pompa pelumas model kupu-kupu pada sebuah motor bakar. Beberapa kelemahannya adalah: tingkat kebocoran yang tinggi. Kebocoran terjadi karena antara baling-baling dan rumahnya tidak dapat saling rapat betul. Berbeda jika dibandingkan dengan pompa pelumas pada motor bakar, karena fluidanya adalah minyak pelumas maka film-film minyak sendiri sudah menjadi bahan perapat antara dinding rumah dan sayap-sayap kupu itu.

2.        Berdasarkan Aliran
Berdasarkan alirannya, kompresor diklasifikasikan sebagai berikut:
a.      Kompresor Aliran (turbo compressor)
Jenis kompresor ini cocok untuk menghasilkan volume udara yang besar. Kompresor aliran udara ada yang dibuat dengan arah masuknya udara secara aksial dan ada yang secara radial. Arah aliran udara dapat dirubah dalam satu roda turbin atau lebih untuk menghasilkan kecepatan aliran udara yang diperlukan. Energi kinetik yang ditimbulkan menjadi energi bentuk tekanan.
b.      Kompresor Aliran Radial
Percepatan yang ditimbulkan oleh kompresor aliran radial berasal dari ruangan ke ruangan berikutnya secara radial. Pada lubang masuk pertama udara dilemparkan keluar menjauhi sumbu. Bila kompresornya bertingkat, maka dari tingkat pertama udara akan dipantulkan kembali mendekati sumbu. Dari tingkat pertama masuk lagi ke tingkat berikutnya, sampai beberapa tingkat sesuai yang dibutuhkan. Semakin banyak tingkat dari susunan sudu- sudu tersebut maka akan semakin tinggi tekanan udara yang dihasilkan. Prinsip kerja kompresor radial akan menghisap udara luar melalui sudu-sudu rotor, udara akan terisap masuk ke dalam ruangan hisap lalu dikompresi dan akan ditampung pada tangki penyimpanan udara bertekanan hingga tekanannya sesuai dengan kebutuhan.

c.       Kompresor Aliran Aksial
Pada kompresor aliran aksial, udara akan mendapatkan percepatan oleh sudu yang terdapat pada rotor dan arah alirannya ke arah aksial yaitu searah (sejajar) dengan sumbu rotor. Jadi pengisapan dan penekanan udara terjadi saat rangkaian sudu-sudu pada rotor itu berputar secara cepat. Putaran cepat ini mutlak diperlukan untuk mendapatkan aliran udara yang mempunyai tekanan yang diinginkan. Teringat pula alat semacam ini adalah seperti kompresor pada sistem turbin gas atau mesin-mesin pesawat terbang turbo propeller. perbedaannya, jika pada turbin gas adalah menghasilkan mekanik putar pada porosnya. Tetapi, pada kompresor ini tenaga mekanik dari mesin akan memutar rotor sehingga akan menghasilkan udara bertekanan.



BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
A.      Simpulan
Dari uraian pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa klasifikasi pompa dan kompresor. Klasifikasi pompa dan kompresor ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan jenis pompa ataupun jenis kompresor yang akan digunakan pada kondisi tertentu disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam menggunakan pompa dan kompresopr tidak boleh sembarangan. Artinya bahwa dalam penggunaannya, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan klasifikasi pompa yang telah ditentukan. Dengan demikian, pompa akan lebih awet dan tahan lama.

B.       Saran
Gunakalah pompa sesuai dengan spesifikasi dan klasifikasinya agar pompa maupun kompresor tidak mudah rusak.
DAFTAR PUSTAKA
Anggara, Baiu. 2009. Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal. Artikel. Diakses pada 17 Mei 2015 dari  https://baiuanggara.wordpress.com/2009/01/04/prinsip-kerja-pompa-sentrifugal/
Faidayatul, Indah. 2012. Kompresor. Artikel. Diakses pada 16 Mei 2015 dari http://rafifaldan.blogspot.com/2012/06/kompresor.html
Gunawan, Eva. 2009. Pompa. Artikel. Diakses pada 16 Mei 2015 dari https://gunawananeva.wordpress.com/2009/10/09/pompa-bag-1/
Kusuma, Ria. 2011. Pompa Reciprokating. Artikel. Diakses pada 17 Mei 2015 dari http://kusumaworld25.blogspot.com/2011/12/pompa-resiprokating.html
Mustafa, Usman. 2011.  Pompa Rotary Lanjutan Pompa Reciproacating. Artikel. Diakses pada 16 Mei 2015 dari http://macammakati.blogspot.com/2011/03/pompa-rotary-lanjutan-pompa.html
Novanda. 2012. Pompa Oli. Artikel. Diakses pada 16 Mei 2015 dari http://freecharz.blogspot.com/2012/05/pompa-oli.html
Ramadhan, Reza Risky. 2013. Kompresor. Artikel. Diakses pada 16 Mei 2015 dr http://rezautomotiframadhan.blogspot.com/2013/06/kompresor.html
Ridlo, Syamsul. 2011. Materi Kompresor V. Artikel. Diakses pada 17 Mei 2015 dari http://teacherfunky.blogspot.com/2011_04_01_archive.html
Saputra, Aditya Praba. 2013. Cara Kerja Plunger Mesin Diesel. Artikel. Diakses pada 18 Mei 2015 dari http://aditya2712.blogspot.com/2013/09/cara-kerja-plunyer-mesin-diesel.html
Trihandoko, Aris. 2012. Pengertian dan Klasifikasi pada Pompa. Artikel. Diakses  pada 16 Mei 2015 dari http://aris25trihandoko.blogspot.com/2012/09/pengertian-dan-klasifikasi-pada-pompa.html


19 komentar:

  1. Dalam garis besarnya kita memang harus tau tentang compressor karna kita lelaki dan pasti tidak jauh dari yang namanya otomotif atau tempat-tempat industri pasti terdapat compressor, karena kompresor sangat membantu/memudahkan kita dalam bekerja.

    BalasHapus
  2. betul sekali, seperti compressor ac air conditioning, begitu banyak tipe dan model nya.

    BalasHapus
  3. Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. begitulah pengertian kompressor.

    BalasHapus
  4. Dasar kompresi:
    Prinsip dasar kompresi kompresor scroll adalah interaksi antara fixed scroll (scroll yg tdk bergerak) dengan orbiting scroll (scroll yg bergerak). Kedua scroll ini saling bersinggungan identik satu sama lain tetapi berbeda sudut 180 derajat

    BalasHapus
  5. AC Panasonic merupakan ac yyang tidak boleh jauh dari compressor

    BalasHapus
  6. menurut saya pribadi kompressor sudah memudahkan dalam bekerja

    BalasHapus
  7. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya

    BalasHapus
  8. dengan mudah setiap hari kita pasti ketemu dengan yang nama nya kompressor.

    BalasHapus
  9. Prinsip kerja kompresor dapat dilihat mirip dengan paru-paru manusia

    BalasHapus
  10. Secara umum kompresor dibedakan menjadi dua jenis yaitu kompresor dinamis dan kompresor perpindahan positif.

    BalasHapus
  11. harga compressor pun sangat bermacam macam tergantung bgaimana tipe ya

    BalasHapus
  12. Kompresor perpindahan positif dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kompresor piston (reciprocating compressor) dan kompresor putar (rotary). terkadang kompressor suka panas dan gunakan aluminium foil untuk menyerap panas

    BalasHapus
  13. cara kerja Kopresor piston kerja tunggal adalah kompresor yang memanfaatkan perpindahan piston, kompresor jenis ini menggunakan piston yang didorong oleh poros engkol (crankshaft) untuk memampatkan udara/ gas

    BalasHapus
  14. ac panasonic 1 pk cocok dengan kompreesor jennis scroll

    BalasHapus
  15. kompressor AC sangat dibutuhkan sekali dengan pada air conditioning

    BalasHapus
  16. Kompresor aksial
    Kompresor aksial adalah kompresor yang berputar dinamis yang menggunakan serangkaian kipas airfoil untuk semakin menekan aliran fluida. Aliran udara yang masuk akan mengalir keluar dengan cepat tanpa perlu dilemparkan ke samping seperti yang dilakukan kompresor sentrifugal. Kompresor aksial secara luas digunakan dalam turbin gas/udara seperti mesin jet, mesin kapal kecepatan tinggi, dan pembangkit listrik skala kecil.

    BalasHapus
  17. AC air konditioner berpasangan dengan compressor, jenis kompressor yang biasa dipakai copeland, bitzer, danfoss dan lain-lain.

    BalasHapus
  18. Artikelnya mantap, secara ini bermanfaat karena kompresor dimana2 kita sering ketemu..

    BalasHapus

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…