Sabtu, 22 Maret 2014

RANGKAIAN SERI-PARALEL


Rangkaian Seri-Paralel adalah rangkaian kombinasi antara rangkaian seri dan parallel dalam rangkaian listrik. Rangkaian ini mempunyai fungsi untuk menghindari adanya rangkaian listrik yang kompleks baik dari segi desain maupun dari segi perhitungan distribusi arus, tegangan, dan hambatannya. Selain itu rangkaian campuran lebih memudahkan kita untuk menganalisis apabila terjadi kesalahan pada rangkaian listrik. Untuk memperkenalkan bagaimana cara kerja dari rangkaian campuran, terlebih dahulu akan diperkenalkan cara penghitungan dari rangkaian campuran itu sendiri. Untuk memudahkan perhitungan sebaiknya menggunakan komponen-komponen elektronika dasar terlebih dahulu misalkan resistor, komponen resistor mempunyai sifat untuk menghambat arus listrik pada rangkaian. Sebelum itu kita harus mengetahui perhitungan dari rangkaian dasar seri maupun parallel terlebih dahulu.

Gambar Skema Rangkaian Campuran

Rangkaian Campuran
Pada dasarnya rangkaian seri adalah rangkaian yang tersusun secara sejajar tanpa adanya percabangan. Apabila kita menggunakan komponen resistor dalam pengaplikasiannya, maka untuk menghitung total hambatan dari jumlah keseluruhannya maka kita hanya menjumlahkan seluruh resistor untuk mencari nilai tahanan keseluruhannya. Tetapi pada kenyataannya rangkaian seri memiliki beberapa kekurangan, salah satunya yaitu tegangan pada rangkaian seri akan terbagi menjadi beberapa bagian atau bisa dikatakan bahwa pada rangkaian seri sering terjadinya voltage drop. Tetapi kelebihan dari rangkaian seri adalah arusnya stabil, maka itu rangkaian campuran sangat dibutuhkan agar dapat mengkombinasi kekurangan maupun kelebihan dari kedua rangkaian.
Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang setiap komponennya disuplai oleh satu sumber saja yang tersusun secara parallel atau bercabang. Perhitungan yang dipakai saat menggunakan rangkaian parallel yaitu dengan cara memberi nilai koefisien 1 sebagai pembilang yang akan dibagi dengan besar nilai resistor disetiap hambatannya, kemudian untuk mencari total hambatan dari rangkaian parallel hanya dijumlahkan saja semua total hambatan yang ada pada rangkaian parallel. Sama seperti rangkaian seri yang mempunyai kekurangan tetapi pada rangkaian parallel kekurangannya adalah arus yang tidak stabil karena terbagi disetiap percabangannya. Cara untuk mengatasi masalah tersebut hanyalah dengan menggunakan kelebihan dari kedua rangkaian yang menjadikannya sebagai rangkaian campuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJI KOMPETENSI SERVIS SEPEDA MOTOR INJEKSI

Memuat…